Virus Corona Jabodetabek

Mulai Rabu (1/7/2020), Toko yang Tutup di Pasar Tanah Abang Diberi Garis Polisi

Penutupan hanya dilakukan di sekitar area lokasi kios para pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab testnya.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Toko di Pasar Tanah Abang tutup mengikuti sistem ganjil genapyang ditetapkan Pemerintah DKI Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG - Perumda Pasar Jaya memastikan jika rencana penutupan Pasar Tanah Abang tidak dilakukan di seluruh area Pasar Tanah Abang Blok A dan B.

Penutupan hanya dilakukan di sekitar area lokasi kios para pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab testnya. Penutupan ini diberlakukan mulai Rabu (1/7) besok.

"Ngak ditutup secara keseluruhan. Hanya sekitarnya. Jadi tokonya nih, radiusnya kita pertimbangkan berapa jarak, itu yang ditutup police line," kata Dirut Perumda Pasar Jaya, Arif Nasrudin, Selasa (30/6/2020).

Cemburu Berujung Maut Kenalan di Facebook Nyawa Gadis Ini Terenggut

Karyawan Bank Cekik Kekasih hingga Tewas, Motifnya Cemburu

Penutupan secara zonasi ini, dikatakan Arif hasil dari preview yang telah dilakukan dan mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi yang tengah berjalan. Apalagi Pasar Tanah Abang belum lama beroperasi kembali.

"Pak Gubernur juga sampaikan, memilih antara kesehatan dan tidak kesehatan memang sulitnya pasti di situ, kita memang nantinya protap covid benar-benar dipastikan. Tapi memang penutupan tenabang ini kita akan lakukan by zonasi," katanya.

Arif menyampaikan jika adanya pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19, tentu akan membuat pengawasan akan diperketat kembali. Terlebih beberapa fasilitas sudah mulai ditambah.

"Kita melakukan menambah wastafel, termogun, fasilitas kita tambah. Kemudian kerja sama komunikasi bikin modul-modul untuk perkuat," ucapnya.

JALUR BARU PPDB 2020/2021, Disdik DKI Buka Jalur Zonasi Bina RW Mulai 4 Juli 2020

VIDEO: Suasana Pasar Blok A dan B Tanahabang Sebelum Ditutup oleh Perumda Pasar Jaya

Sebelumnya Camat Tanah Abang Jakarta Pusat, Yassin Passaribu mengatakan jika pihaknya akan menyurati Pengelola Pasar Tanah Abang untuk menutup pertokoan selama tiga hari kedepan.

Surat penutupan ini akan dilayangkan pada hari ini Senin (29/6). Adapun penutupan itu dilakukan menyusul hasil swab test pedagang yang sudah keluar, pasca swab test yang dilakukan pada Selasa (23/6) beberapa waktu lalu.

"Hasil swabnya sudah keluar. Pokoknya hari ini saya kirimkan surat ke mereka untuk dilakukan penutupan," kata Yassin dikonfirmasi, Senin (29/6/2020).

Meski tidak menjelaskan secara rinci terkait isi surat itu, namun Yassin menuturkan jika surat itu berupa himbauan penutupan sementara dan dilakukan langkah sterilisasi Pasar Tanah Abang sebelum kembali dibuka.

TC Timnas U-16: Para Pemain akan Jalani Tes PCR dan Empat Kali Rapid Test

Mengapa Penyanyi Indonesia Memilih Karir di Industri Musik Luar Negeri, Ini Faktor Penyebabnya

Yassin mengatakan jika Pasar Tanah Abang akan ditutup sementara selama 3 hari mulai Rabu (1/7) minggu ini. Selama penutupan ia meminta untuk dilakukan sterilisasi.

"Kalo untuk sosialisasi nanti terserah pengelola bagaimana bentuknya, intinya hari ini saya kirimkan surat ke mereka, besok dasarnya mereka sosialisasi dari surat saya, Rabu baru di tutup selama 3 hari," katanya.

Yassin, menyampaikan jika penutupan Pasar Tanah Abang pada Rabu (1/7) mendatang tidak hanya di Pasar Tanah Abang Blok A dan B saja. Melainkan ada 5 Pasar Tanah Abang lainnya yang akan ditutup secara serentak.

5 Pasar itu diantaranya Pasar Tanah Abang blok A, blok B, Pusat Grosir Metro Tanah Abang, Pusat Mode Tanah Abang dan Central Tanah Abang. 

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved