Breaking News:

Pesawat Jatuh

Pesawat Pakistan yang Jatuh dan Tewaskan 97 Orang akibat Pilot Ngobrol Corona dengan Petugas Menara

Menteri Ghulam Sarwar Khan mengatakan pesawat itu "100 persen laik terbang, tidak ada kesalahan teknis"

twitter @fab_sunil
Pesawat Pakistan Airline tampak sebelum jatuh di daerah permukiman padat. Pesawat tersebut angkut 101 penumapang dewasa dan anak-anak. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARACHI - Setelah dilakukan penyelidikan mendalam, disimpulkan bahwa penyebab kecelakaan pesawat yang menewaskan 97 orang di Pakistan bulan lalu adalah karena kesalahan manusia.

Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) jatuh permukiman pada 22 Mei 2020, ketika hendakan mendarat di Bandara Karachi.

Hanya dua orang penumpang yang selamat dalam kecelakaan tersebut.

"Pilot dan petugas pengendali lalulintas udara di menara kontrol tidak mengikuti aturan standar," kata menteri urusan penerbangan Ghulam Sarwar Khan, yang mengumumkan hasil penyelidikan di parlemen, yang dikutip scmp.com,  Rabu, 24 Juni 2020.

Dari hasil penyelidikan atas rekaman pembicaraan, terungkap bahwa saat pesawat mendekati bandara untuk mendarat, pilot dan petugas menara kontrol justu "ngerumpi" soal wabah virus corona.

Detik-detik pesawat terbang rendag dan jatuh dipermukiman. Pesawat Pakistan Airlines tersebut memang hendak mendarat di bandara namun justru ada masalah ketika hendak mendarat.
Detik-detik pesawat terbang rendag dan jatuh dipermukiman. Pesawat Pakistan Airlines tersebut memang hendak mendarat di bandara namun justru ada masalah ketika hendak mendarat. (instagram)

Sambil ngobrol itulah pilot mendaratkan pesawat.

Tapi, ia dan petugas menara kontrol tidak memerhatikan posisi dan kecepatan pesawat.

Posisi pesawat masih terlalu tinggi untuk mendarat, tapi dipaksakan turun.

Akibatnya, pesawat oleng dan mendarat tidak mulus sehingga mesin pesawat mengalami masalah.

Pilot kemudian memaksa pesawat naik kembali, tapi karena mesin pesawat sudah tidak berjalan baik, pesawat akhirnya jatuh di kawasan permukiman, yang menghacurkan puluhan rumah.

Halaman
123
Penulis: Bambang Putranto
Editor: Bambang Putranto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved