Virus Corona

Ridwan Kamil Ajak Generasi Z Bangun Kembali ke Desa Usai Pandemi Covid-19, Bangun Bisnis Mendunia

Ridwan Kamil mengimbau anak muda yang masuk dalam kategori generasi Z, membangun bisnis di desa, setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Tribunnews
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) dan istri Atalia Praratya seusai acara penyerahan bantuan bagi korban Covid-19, di kediaman resmi Gubernur Jabar, di Gedung Pakuan Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/4/2020). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau anak muda yang masuk dalam kategori generasi Z, membangun bisnis di desa, setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Hal tersebut disampaikan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, seiring adanya data sektor pertanian, perikanan, dan kelautan, tidak terlalu terdampak pandemi Covid-19.

"Buat para milenial generasi Z pasca-Covid, menurut saya kembali ke desa, karena dia jarang ada penyakit Covid."

Soroti Car Free Day di Jakarta, Achmad Yurianto: Banyak Masyarakat Lupa Physical Distancing Penting

"Yang banyak di perkotaan, Bogor, Depok, Bekasi, dan Bandung Raya," kata Emil dalam webinar Cokrotv bertema Pemimpin di Tengah Pandemi, Jakarta, Minggu (21/6/2020) malam.

"Nanti slogannya adalah tinggal di desa, rezeki kota, tapi bisnis mendunia," sambung Kang Emil.

Emil menjelaskan, perekonomian di Jawa Barat yang paling tangguh adalah sektor pertanian, karena pertumbuhannya hanya terkoreksi 0,9 persen, sementara jasa manufaktur minus 48 persen.

Moeldoko: Indonesia Harus Bisa Ambil Keuntungan Jika AS dan Tiongkok Perang di Laut Cina Selatan

"Contohnya ada di pesantren yang mengelola pertanian, tidak terdampak dan tidak meminta bantuan sosial, karena permintaannya meningkat," paparnya.

Selain itu, pemasaran produk pertanian dari pesantren tersebut juga mengikuti perkembangan zaman, yaitu menggunakan sistem digital atau dipasarkan secara online.

Di sisi lain, dalam menyelamatkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Emil menyebut pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membolehkan 90 persen sektor ekonomi dibuka kembali untuk zona biru.

VIDEO dan Foto-foto Car Free Day di Masa PSBB Transisi, Banyak yang Langgar Protokol Covid-19

"Kalau kami tidak melakukan, kami terkena resesi pada 2020, 2021."

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved