Breaking News:

New Normal

Jumlah Penumpang Kereta Ditambah 14 Orang Menjadi 74 Orang per Kereta saat New Normal

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menetapkan jumlah penumpang setiap kereta menjadi 35 persen sampai 40 persen dari kapasitas normal.

TribunnewsBogor.com
Penumpang dalam gerbong kereta Bogor-Jakarta Kota saling jaga jarak saat duduk atau berdiri, Senin (8/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Jumlah penumpang kereta ditambah 14 orang per kereta. Semula jumlah penumpang 60 orang per kereta, kini jumlahnya menjadi 74 orang.

Menurut PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), penetapan jumlah penumpang setiap kereta menjadi 35 persen sampai 40 persen dari kapasitas normal.

Sedangkan Pemprov DKI Jakarta menetapkan jumlah penumpang angkutan umum maksimal 50 persen dari kapasitas saat masa new normal atau masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Transisi.

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanto mengatakan, sejak Senin (8/6/2020) pihaknya telah menetapkan jumlah penumpang menjadi 74 orang setiap kereta.

Batasan kapasitas penumpang ini lebih besar dibanding pada masa PSBB tahap satu-tiga yang hanya 60 orang setiap kereta.

KCI Tambah Syarat Jumlah Penumpang per Kereta Menjadi 74 Orang

Kemenhub akan Izinkan Operasi Kereta Api Jarak Jauh kembali, Penumpang Wajib punya Hasil Rapid Test

“Penambahan batasan kapasitas untuk KRL Jabodetabek sebagai kereta api perkotaan mulai 8 Juni 2020 telah diizinkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 tahun 2020,” kata Wiwik berdasarkan keterangan yang diterima Wartakotalive.com, Rabu (10/6/2020).

Anne mengatakan, payung hukum itu menjelaskan tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Sebelum menambah jumlah penumpang setiap kereta, PT KCI telah berkonsultasi dengan pemerintah demi memastikan terjaganya protokol kesehatan dalam Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line.

“Jadi untuk saat ini kami masih teruskan pembatasan kapasitas yang ada yaitu 35-40 persen atau sekitar 74 orang pada setiap kereta,” ucapnya.

Sudah Tertib Jaga Jarak dalam Gerbong, Tapi Calon Penumpang Masih Bertumpuk di Loket Kereta

Antisipasi Kepadatan New Normal, PT KCI Tambah 60 Kereta Tambahan Sore Ini, Kamis (4/6/2020)

Dalam kesempatan itu, Wiwik tak menampik ada antrean di sejumlah stasiun pada jam sibuk seperti pagi dan sore hari.

Alasannya, saat ini warga Jakarta tengah berada pada masa PSBB transisi menuju Jakarta sehat, aman dan produktif.

“Dalam beberapa hari terakhir ini terdapat antrean pengguna untuk masuk stasiun pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari. Namun pengguna KRL semakin hari dapat mengikuti antrean ini dengan semakin tertib,” katanya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved