Virus Corona Jabodetabek

Perpanjang Masa PSBB Kota Tangsel, Airin Sebut karena Angka Penularan Masih Tinggi

Perpanjangan masa penerapan pembatasan sosial berskala besar berdasarkan kajian angka penularan infeksi yang masih tinggi di wilayah Tangsel

Wartakotalive.com/m23
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany di Kantor Wali Kota Tangerang Selatan, Kamis (16/4/2020). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengatakan keputusan pernpajang masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berdasarkan kajian angka penularan infeksi yang masih tinggi di wilayah kerjanya.

Sebab, hasil reproduction number (RO) atau reproduksi angka penularan infeksi virus corona di wilayah Tangsel terhitung masih mengkhawatirkan dengan catatan 1,7 RO.

Data tersebut dihasilkan melalui peningkatan kasus virus corona dari kategori orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan kasus positif terinfeksi.

"Ternyata hasilnya RO (Reproduction Number atau angka penularan) di Tangsel masih 1,7 per data kemarin. Kedisiplinan masyarakat masih sekitar 70 persen yang seharusnya kepatuhan yang kita sebut RT ( Reproduction at certain time after intervention) itu 90 persen," kata Airin dalam keterangannya, Tangsel, Senin (1/6/2020).

Ia menjelaskan, bila angka penularan dapat menurun dibawah angka 1 per data penularan kasus wilayah tersebut pun dapat mencabut penerapan PSBB.

Sebab data tersebut menunjukan penurunan kasus klasifikasi wabah virus corona.

"RO yang ideal itu seharusnya di bawah 1," terangnya.

Sababnya, wilayah Kota Tangsel memperpanjang masa PSBB Jilid 4 dengan pelaksanaan lebih mendetail atau diperketat mulai dari tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Serta mendorong masyarakat untuk lebih dapat menerapkan protokol kesehatan di tengah masih meningginya angka peneyebaran infeksi virus corona.

Halaman
1234
Penulis: Rizki Amana
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved