Virus Corona

Quipper Bikin Webinar Perdana untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Covid-19

Perusahaan-perusahaan teknologi pendidikan (edutech) terus berinovasi agar kegiatan belajar dari rumah tetap menyenangkan selama pandemi Covid-19.

Istimewa
ILUSTRASI Belajar online atau daring 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Agar kegiatan belajar dari rumah tetap menyenangkan selama masa pandemi Covid-19, perusahaan-perusahaan teknologi pendidikan atau edutech terus berinovasi. Satu di antaranya, Quipper.

Mereka rutin mengadakan sesi interaksi langsung bersama narasumber terkenal, web seminar (webinar), hingga kompetisi tingkat nasional.

Program yang disebut terakhir sudah diselenggarakan 6-18 Mei 2020 lalu. Program itu menjadi bentuk apresiasi atas keaktifan guru dan murid dalam menggunakan learning management system (LMS) selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kompetisi tersebut diikuti 1.098 sekolah dan 66.297 siswa. Quipper menentukan 80 siswa SMP-SMA teraktif berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian.

Mereka berhak membawa pulang hadiah senilai total Rp 40 juta dan gawai. Pengumuman pemenang dipublikasikan pada akun instagram resmi Quipper Indonesia dan laman blog Quipper, Jumat (29/5/2020).

Ruth Ayu Hapsari, Business Development Manager Quipper Indonesia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas dan interaksi antara guru dan murid.

"Quipper juga menyelenggarakan webinar perdana dengan total 646 guru yang berpartisipasi dari seluruh Indonesia. Kami membahas bagaimana mengaplikasikan pembelajaran jarak jauh yang baik dan strategis selama masa pandemi Covid-19," kata Ayu melalui keterangan pers, Sabtu (30/5/2020).

Bentuk PJJ yang saat ini umum dilakukan oleh para guru bervariatif, lanjut Ayu, adalah melalui aplikasi WhatsApp, virtual meeting, pemberian tugas kelompok, hingga pemanfaatan LMS.

Refina Hadinurjana, perwakilan guru dari SMAN 53 Jakarta mengatakan, "Saya pernah meminta murid untuk membuat sebuah puisi yang berkaitan dengan Covid-19 yang kemudian di-upload ke platform musik Spotify. Cara seperti ini menurut saya efektif agar semua orang dapat mendengarkan puisi anak murid saya tadi dan membuat mereka merasa bangga atas karyanya sendiri."

"Webinar yang diselenggarakan Quipper sudah baik dan sangat membantu saya mendapatkan referensi baru. Mungkin ke depannya perlu diadakan pelatihan singkat untuk membuat aplikasi yang menarik di sekolah," timpal Idul Manafa Damai, dari SMAN 1 Dampit.

Editor: Eko Priyono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved