Sampah

Gunungan Sampah TPA Cipeucang Longsor, Aktivis Lingkungan Minta Pemkot Tangsel Bertanggung Jawab

Aktivis lingkungan Tangerang Selatan (Tangsel) minta Pemerintah Kota Tangsel bertanggung jawab atas longsoran sampah ke aliran Sungai Cisadane.

Rizki Amana
Kondisi Gunungan sampah TPA Cipeucang, Serpong, Tangsel yang longsor hingga menutup sebagian aliran Sungai Cisadane, Jumat (22/5/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Aktivis lingkungan Tangerang Selatan (Tangsel) minta Pemerintah Kota Tangsel bertanggung jawab atas longsoran sampah ke aliran Sungai Cisadane.

Seperti diberitakan sebelumnya, gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong, Kota Tangsel longsor hingga menghambat aliran Sungai Cisadane, Jumat (22/5/2020).

Gunungan sampah longsor disebabkan karena turap dinding pembatas tak sanggup menahan volume sampah yang melebihi kapasitas muatan.

Aktivis lingkungan hidup dari Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (Yapelhi), Ade Yunus mengatakan bahwa Pemkot Tangsel tak menggubris laporannya terkait kondisi TPA Cipeucang.

Menurut dia, TPA Cipeucang  berada persis di samping daerah aliran sungai (DAS) dan kondisinya mengkhawatirkan.

Dia menjelaskan, dua tahun lalu pihaknya telah melaporkan kasus pencemaran di Sungai Cisadane akibat sampah di TPA Cipeucang ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Gunungan Sampah TPA Cipeucang Longsor Tutupi Sungai, Warga Perumahan Pesona Serpong Kini Cemas

"Dan kita minta agar segera ditutup karena kondisinya sangat mengkhawatirkan" katanya lagi," ucap Ade seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (22/5/2020).

Selain laporan ke KLHK, Yapelhi juga menggelar aksi saat Hari Peringatan Sampah Nasional.

Aksi yang digelar itu berupa Aksi Camping Bersama di TPA Cipeucang untuk menuntut Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel  segera menutup TPA Cipeucang.

"Apa yang kami khawatirkan beberapa tahun yang lalu, hari ini kejadian juga bencana longsor TPA Cipeucang yang mengakibatkan pencemaran limbah sampah domestik Ke Sungai Cisadane," jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Rizki Amana
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved