Virus Corona

Hari Pertama Pengecekan SIKM, Semua kendaraan yang Lewat di Cek Poin Jalan Raya Kalimalang Plat B

Terkait pelanggaran SIKM, pihaknya saat ini belum menemukan adanya warga di luar Jabodetabek yang masuk ke wilayah Jakarta.

Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Petugas kepolisian melakukan pengecekan SIKM dan aturan PSBB di cek poin Jalan Raya Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (22/5/2020). 

Laporan wartawan wartakotalive.tribunnews.com, Rangga Baskoro

WARTAKOTALIVE.COM, Duren Sawit -- Petugas gabungan hari ini, Jumat (22/5/2020) mulai melakukan pengecekan terhadap surat izin keluar masuk (SIKM) para pengendara dari luar kawasan Jabodetabek.

Pantauan Warta Kota di Jalan Raya Kalimalang, petugas gabungan seperti biasa tetap melakukan giat pemeriksaan kendaraan terkait pencegahan Covid-19.

Kaca mobil di bagian kemudi diminta untuk diturunkan agar para petugas bisa melakukan pengecekan terkait kapasitas penumpang beserta pengenaan masker.

Dibuka Lima Hari, Pemohon SIKM untuk Keluar Masuk DKI Capai 1.748 Orang, 557 Permohonan Ditolak

Sementara itu, para pengendara motor yang ketahuan berboncengan diberhentikan untuk diperiksa domisili tempat tinggalnya yang tertera di KTP.

Jariman Kasatpel Satpol PP Kecamatan Duren Sawit menjelaskan bahwa giat kali ini sama seperti yang sebelumnya telah dilakukan.

"Seperti biasa, kami dibantu kepolisian memeriksa kendaraan yang masuk ke wilayah Jakarta. Polisi bertugas memberhentikan, sedangkan kami dibantu Dishub melakukan pengecekan," ucap Jariman di lokasi.

Keluar Masuk DKI Jakarta Harus Miliki SIKM, Berikut Persyaratan dan Cara Pembuatan SIKM

Ia menambahkan mayoritas masyarakat telah memahami aturan sehingga sedikit sekali jumlah pelanggarnya, terutama bagi mereka yanh mengendarai roda empat.

"Kalau roda empat mayoritas mereka sudah paham, sudah pakai masker dan mematuhu aturan social distancing. Sedangkan yang motor juga demikian, hanya sedikir sekali yang berboncengan tak satu domisili," tuturnya.

Terkait pelanggaran SIKM, pihaknya saat ini belum menemukan adanya warga di luar Jabodetabek yang masuk ke wilayah Jakarta.

Ada 45.354 Warga Tinggalkan Bekasi Selama Maret, Paling Banyak ke Tasikmalaya dan Bandung

"Untuk pelanggaran SIKM, sejauh ini belum ada. Semua kendaraan yang masuk ke Jakarta tadi, mayoritas nomor polisinya B," ucap Jariman.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta membatasi warga luar Bodetabek yang ingin masuk ke Jakarta selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) fase ketiga.

Bagi warga luar Bodetabek yang ingin masuk ke Jakarta, mereka wajib mengantongi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang diakses melalui corona.jakarta.go.id.

Hal ini juga berlaku bagi warga Jakarta yang ingin keluar dari wilayah Bodetabek, di mana mereka juga harus mengurus SIKM.

Sementara bagi warga Jakarta yang ingin bepergian ke wilayah Bodetabek maupun sebaliknya, dibebaskan tanpa mengurus dokumen tersebut. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved