Berita Video

VIDEO: Terimbas Corona, Pedagang Bedug Musiman di Tanahabang Gigit Jari

Faktor pandemi covid-19 menyebabkan jumlah pedagang bedug pada tahun 2020 di kawasan Tanah Abang cenderung menurun

Warta Kota
para pedagang bedug musiman 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG--Menjelang hari raya Idul Fitri, para penjual Bedug musiman memenuhi sekitar Jalan KH. Mas Mansyur Tanah Abang, Jakarta Pusat. Namun pada tahun ini justru nampak lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.

Faktor pandemi covid-19 menyebabkan jumlah pedagang bedug pada tahun 2020 di kawasan Tanah Abang cenderung menurun dibandingkan tahun lalu.

Pantauan Wartakotalive.com meski masih ada beberapa pedagang yang berjualan bedug, namun jumlahmya lebih sedikit, selain itu para penjual bedug hanya berkumpul di satu titik saja, tidak menyebar di beberapa titik.

Beberapa bedug yang dijual ini, terlihat dipajang dipinggiran jalan, sedangkan ada pula bedug berukuran berbahan ember digantung diantara tenda-tenda, tempat para penjual bedug.

Nampak terlihat para penjual duduk santai di bawah tenda yang mereka dirikan sambil menunggu pelanggan yang akan membeli bedug, hanya saja tahun ini kondisinya sangat jauh berbeda dibandingkan tahun lalu.

Salah satu penjual bedug musiman di Tanah Abang, Ridho (56) mengatakan jika penjualan bedug tahun ini merosot drastis dibandingkan tahun lalu, hal ini diakibatkan dampak dari pandemi covid-19.

"Ya adanya kejadian ini beda bener dibandingkan tahun lalu. Untuk sekarang ini bisa dibilang turun sampai 50 persen," kata Ridho ditemui di Tanah Abang, Minggu (17/5/2020).

Dikatakan Ridho, ditahun lalu, ia mulai beroprasi jualan bedug di Tanah Abang 1 minggu menjelang puasa, namun di tahun ini ia baru mulai berjualan 1 hari jelang puasa, hingga malam takbiran nanti.

Hingga hari ini, Ridho mengaku baru menjual 5 bedug, setelah beberapa hari berjualan. Padahal di tahun lalu, menurut Ridho, 20 hari berjualan sudah menjual lebih dari 50 bedug.

"Kalo tahun lalu udah 20 bedug yang dijual, kalo sekarang paling 5 bedug," katanya.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved