Virus Corona Jabodetabek

PHK Massal di Masa Pandemi Covid-19 Dapat Jadi Celah Pengedaran Narkoba

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap penyebaran narkoba.

Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok AKBP Rusli Lubis 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kepala  Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap penyebaran narkoba dalam masa pandemi Covid-19. 

 Sebab, kata Rusli, kondisi seperti sekarang ini bisa dijadikan celah para bandar narkoba untuk menyebarluaskan barang haram tersebut.

 “Tentu kami menghimbau warga Depok untuk tetap waspada terhadap peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Karena di masa seperti ini, merupakan celah bagi para bandar narkoba untuk bergerak,” ujar Rusli saat dihubungi Warta Kota, Rabu (29/4/2020).

Diam 23 Tahun, Kini Ari Lasso Klarifikasi Pemecatannya dari Dewa19, Akui Saat Itu Pakai Narkoba

 Rusli mengatakan, pandemi Covid-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia ini memberikan efek yang luar biasa. 

Sebab, berbagai sektor ikut terkena dampaknya akibat pemberlakuan Social Distancing maupun Physical Distancing guna memutus rantai penyebaran. 

Unit Narkoba Polsek Setu menangkap dua tersangka pengedar sabu jaringan Malaysia-Indonesia di wilayah Kecamatan Setu.
Unit Narkoba Polsek Setu menangkap dua tersangka pengedar sabu jaringan Malaysia-Indonesia di wilayah Kecamatan Setu. (ISTIMEWA)

 "PHK besar-besaran pun terjadi, buruh maupun pekerja harian ikut terdampak. Hal ini bisa memicu berbagai macam tindak kejahatan, salah satunya adalah perdagangan peredaran gelap Narkoba," papar Rusli. 

 Namun, Rusli memgaku pihaknya bersama aparat penegak hukum yakni BNN dan Polri tidak tinggal diam. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pengungkapan kasus peredaran gelap narkoba di berbagai daerah.

 Seperti pada saat penggerebekan Kampung Narkoba di Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada hari Kamis, tanggal 23 April 2020 yang lalu.

Kaget di ATM Ada Uang Rp 500 Juta, Via Vallen Segera Berangkatkan Keluarga Ibadah ke Tanah Suci

Peristiwa itu, kata Rusli, mengingatkan bahwa kejahatan narkoba tidak mengenal tempat dan waktu, kapan saja bisa terjadi.

 “Termasuk penyalahgunaan Narkoba, yang kami yakin di tengah Pandemi Covid-19 ini juga masih banyak terjadi. Peluang untuk menyalahgunakan Narkoba di tengah situasi seperti ini tetap ada," paparnya.

 Rusli mengatakan, beberapa kalangan masyarakat yang turut merasakan dampak langsung Pandemi Covid-19 ini mengalami efek psikologis yang cukup berat, sehingga kemungkinan untuk menyalahgunakan narkoba tetap besar. 

 "Jadi, kami menghimbau kepada warga Depok agar selalu menjaga kesehatan diri kita, baik jasmani maupun rohani, agar terhindar dari penyalahgunaan Narkoba.” tuturnya.
 

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved