Musik

Banyak yang Menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah, Siapa Paling Populer? Ini Catatan Donny Verdian

Dari catatan Donny Verdian, lagu Dengan Menyebut Nama Allah pernah dinyanyikan Novia Kolopaking medio 1990-an hingga penyanyi Andini di masa sekarang.

Dokumentasi Superblogger Donny Verdian
Dari catatan Donny Verdian, lagu Dengan Menyebut Nama Allah pernah dinyanyikan Novia Kolopaking medio 1990-an, Ita Purnamasari, Ikke Nurjanah, Band GIGI dan Nagita Slavina hingga penyanyi Andini di masa sekarang. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Superblogger Indonesia Donny Verdian mencatat, ada lima penyanyi dan satu band yang pernah menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah.

Lagu Dengan Menyebut Nama Allah populer sebagai salah satu lagu religi di industri musik Indonesia.

Dari catatan Donny Verdian, lagu Dengan Menyebut Nama Allah pernah dinyanyikan Novia Kolopaking medio 1990-an hingga penyanyi Andini di masa sekarang.

Donny Verdian mengamati, salah satu ciri khas dinamika musik di bulan Ramadan adalah munculannya lagu hingga album religi.

Menurut Superblogger asal Klaten, Jawa Tengah, yang kini menetap di Sydney, Australia, itu, salah satu yang terbaik lagu bertema Ramadan adalah Dengan Menyebut Nama Allah.

Sejak diciptakan di awal dekade 1990-an, ada beragam versi lagu Dengan Menyebut Nama Allah yang dinyanyikan artis dan band kondang Indonesia.

Novia Kolopaking disela hadir di peluncuran poster film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020) sore. Novia Kolopaking dan para pemain sinetron Keluarga Cemara kembali bersama dan melakukan reuni di film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah (TETA) garapan Alimi Pictures yang akan ditayangkan di bioskop Indonesia pada 16 April 2020.
Novia Kolopaking disela hadir di peluncuran poster film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020) sore. Novia Kolopaking dan para pemain sinetron Keluarga Cemara kembali bersama dan melakukan reuni di film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah (TETA) garapan Alimi Pictures yang akan ditayangkan di bioskop Indonesia pada 16 April 2020. (Tribunnews.com/Bayu Indra Permana)

Donny Verdian menuliskan, Novia Kolopaking pernah menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah pada 1992.

Istri budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun yang dikenal lewat peran di sinetron Siti Nurbaya (1990) dan Keluarga Cemara ini menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah begitu apik.

"Bagiku, lagu Dengan Menyebut Nama Allah identik dengan Novia Kolopaking, bukan yang lain," kata Donny Verdian.

Setelah Didi Kempot, KompasTV Siarkan Konser Musik Amal dari Rumah Bersama Raja Dangdut Rhoma Irama

Baru Dirilis ke Platform Musik Digital, Seluruh Lagu Album Perdana Tim Ricis Menduduki Top Chart 100

Setelah Novia Kolopaking, ada Ita Purnamasari yang juga menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah dengan karakter suara yang khas.

Ita Purnamasari adalah istri komposer gaek Dwiki Dharmawan yang menciptakan Dengan Menyebut Nama Allah.

Donny Verdian menuliskan, Ikke Nurjanah juga pernah menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah dengan nuansa dangdut.

Ikke Nurjanah
Ikke Nurjanah (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

"Kalau mau mencari referensi lagu ini dengan nuansa dangdut, Ikke Nurjanah pernah membawakannya pada 2002 silam," kata Donny Verdian.

Balutan dangdut modern berirama cepat, membuat Dengan Menyebut Nama Allah versi Ikke Nurjanah terdengar berbeda meski, diakui Donny Verdian, rasa khusyuk dan syahdunya malah jadi kurang.

Banyak Jadwal Manggung Band GIGI Ditunda dan Dibatalkan, Armand Maulana Garap Project Solo di Studio

Wabah Virus Corona Belum Berakhir, Once Mekel Nyanyikan Sesaat Kau Hadir Sebagai Suntikan Semangat

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved