IBL

IBL 2020 Kembali Digelar September, Tunggu Pandemi Covid-19 Berakhir

Diputuskan bahwa apabila situasi sudah memungkinkan kompetisi akan dilanjutkan langsung ke babak playoff pada awal September.

Dok: IBL
Pertandingan Satria Muda Pertamina vs NSH Jakarta di IBL 2020 Seri 1 Semarang, GOR Sahabat, Jumat (10/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNENWS.COM, JAKARTA – Direktur Utama Liga Bola Basket Indonesia (IBL), Junas Miradiarsyah kembali melakukan pembicaraan dengan pewakilan klub-klub IBL yang kali ini dilakukan melalui video conference.

Dalam pertemuan tersebut, Junas dan perwakilan klub membahas keberlanjutan IBL 2020.

“Salah satu rencana semula melanjutkan kompetisi pada akhir Juni tak mungkin diwujudkan bila melihat perkembangan hingga saat ini,” kata Junas, Kamis (9/4/2020).

Diputuskan bahwa apabila situasi sudah memungkinkan kompetisi akan dilanjutkan langsung ke babak playoff pada awal September.

Dihentikan Akibat Virus Corona, IBL 2020 Kemungkinan Digelar Akhir Juni

“Hal ini pun tetap dengan melihat perkembangan terutama di bulan Juni nanti. Karena kelanjutan musim memerlukan waktu kesiapan seperti persiapan latihan klub, mendatangkan dan pengurusan pemain asinh kembali dan berbagai faktor operasional lainnya. Jika situasi masih tidak memungkinkan sampai dengan waktu tersebut maka kompetisi kemungkinan IBL 2020 tidak dapat dilanjutkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, musim kompetisi IBL 2020 juga diharapkan tidak mengganggu persiapan menuju IBL 2021.

Klub yang berlaga di babak play off yang berformat round robin adalah peringkat 5 hingga 9 berdasarkan klasemen hingga seri keenam, sementara peringkat 1 hingga 4 menunggu di babak perempatfinal menghadapi empat peringkat terbaik babak play off.

Kompetisi Terhenti, IBL Bakal Tentukan Besaran Gaji Pemain Basket Pekan Depan

Peringkat 1 akan melawan peringkat 4 play off, peringkat 2 berhadapan dengan peringkat 3 play off, peringkat 3 ditantang peringkat 2 play off dan peringkat 4 menghadapi peringkat 1 play off.

“Babak perempatfinal akan menggunakan sistem knock out begitu pula di babak semifinal. Babak final akan berlangsung dengan format best of three,” jelas Junas.

Semetara itu, Untuk pemain asing yang saat ini terdaftar berhalangan datang di bulan September, klub bersangkutan diperbolehkan mengganti pemain asing.

Bandara Serbia Ditutup, Pelatih Timnas Basket Indonesia Tak Bisa Pulang

Penulis: Abdul Majid
Editor: Murtopo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved