Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Pemkot Tangsel Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir Terhadap Pemakaman Jenazah Pasien Corona

Benyamin Davnie mengimbau kepada masyarakat agar tak khawatir saat adanya pemakaman jenazah penderita infeksi virus corona.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Murtopo
Warta Kota/Rizki Amana
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie mengimbau kepada masyarakat agar tak khawatir saat adanya pemakaman jenazah penderita infeksi virus corona terlebih mereka yang bermukim tak jauh dari area pemakaman.

Pasalnya, pihaknya telah menetapkan prosedur protokol kesehatan dalam melakukan pemakaman terhadap jenazah infeksi virus corona.

"Protapnya (prosedur tetap) adalah setelah dinyatakan meninggal oleh dokter, kami ada tim pemulasaraan di rumah sakit yang bersangkutan. Kemudian tim di pemakaman paling tidak terdiri dari empat orang menjemput dari rumah sakit dengan pakaian lengkap," kata Benyamin saat ditemui di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Tangsel, Serpong, Minggu (5/4/2020).

Jenazah Covid-19 yang Dibawa ke TPU Tegal Alur Kian Banyak, Petugas Gali Makam Pakai Alat Berat

"Setelah dimandikan, setelah dikafani dimasukkan ke dalam peti. Disterilkan petinya, kemudian dibawa ke pemakaman dan dimakamkan," sambungnya.

Ia pun mengingatkan masyarakat agar tidak takut untuk menghadiri pemakaman jenazah pasien corona.

Namun, dengan prosedur protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dalam penanganan Covid-19 berupa jaga jarak antar individu satu dan lainnya.

Mobil Ambulans Pembawa Jenazah Covid-19 Antre di TPU Tegal Alur, Satu Pemakaman Butuh Waktu 15 Menit

"Kalau ada orang lain yang ikut pemakaman itu jaraknya minimal 50 meter. Karena pemakamannya harus menggunakan baju khusus," jelasnya.

Adapun demi menjaga situasi dan kondisi di lingkungan sekitar tetap kondusif, pihaknya pun bakal menyemprotkan cairan disinfektan pasca berlangsungnya pemakaman.

"Setelah itu disemprotkan disinfektan sama petugas. Jadi masyarakat enggak perlu khawatir," tandasnya. (m23)

Penjelasan Dokter Soal Seberapa Efektif Jenazah Covid-19 Dibungkus Plastik Tak Tularkan Lagi Virus

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved