Virus Corona Jabodetabek

Cegah Covid-19, Pulau Kelapa Tertutup untuk Umum

Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu memberlakukan penutupan akses masuk bagi bukan penduduk setempat.

istimewa
Penyemprotan cairan disinfektan di RPTRA Nyiur Melambai di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Junianto Hamonangan

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUANSERIBU -- Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu memberlakukan penutupan akses masuk bagi bukan penduduk setempat.

Lurah Pulau Kelapa, Madi M Dali mengatakan bahwa kebijakan itu berlaku mulai Senin (30/3) sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan.

"Ini diterapkan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19," ungkap Madi, Selasa (31/3).

Nantinya hanya warga Pulau Kelapa saja yang dapat turun dan masuk dermaga. Mereka wajib menunjukkan kartu identitas seperti KTP agar diizinkan masuk pulau.

Warga Pulau Kelapa Dimbau Tidak Keluar Rumah Antisipasi Penyebaran Virus Corona

"Pemeriksaan sudah dilakukan sejak dari dermaga asal oleh petugas," ujar Madi.

Menurut Madi, warga yang datang karena ada keperluan berbelanja kebutuhan warung dari Kronjo, Tangerang dan Kaliadem terlebih dulu akan diperiksa suhu tubuhnya.

Sesuai dengan SOP, petugas kesehatan akan siaga di dermaga Pulau Kelapa untuk memeriksa warga meski sebelumnya di dermaga asal suhu tubuhnya sudah diperiksa.

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Wisatawan Diimbau Tak ke Pulau Seribu

"Meski status tertutup untuk umum, kita tetap siagakan petugas kesehatan di dermaga untuk memeriksa penumpang setiap ada kedatangan kapal," katanya.

Namun demikian, hingga saat ini puluhan warga yang berasal dari darat tidak ada ditemukan suhu tubuh diatas rata-rata.

"Tapi upaya pencegahan terus dilakukan petugas Satpol PP dengan memonitor aktivitas dan menghimbau agar warga tidak keluar rumah," katanya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved