Warga Pulau Kelapa Dimbau Tidak Keluar Rumah Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), rumah ibadah, hingga sekolah di Kelurahan Pulau Kelapa, disemprot cairan disinfektan

istimewa
Penyemprotan cairan disinfektan di RPTRA Nyiur Melambai di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Masyarakat di Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu diimbau tidak keluar rumah untuk sementara waktu.

Lurah Pulau Kelapa, Madi M Dali, mengatakan imbauan agar tidak keluar rumah itu diberikan untuk mewaspadai penyebaran virus corona. “Kami mengimbau warga agar tidak keluar rumah jika memang tidak ada kebutuhan mendesak,” ucap Madi, Kamis (19/3/2020).

Pasca Dua Warganya Meninggal Akibat Virus Corona, Satuan Gugus Tugas Tunjuk 8 RS Sebagai Rujukan

2500 Orang Ramaikan Pesta Bona Taon Tambunan Pagaraji Se-Jabodetabek

Prabowo Minta Sediakan Pesawat kepada Panglima TNI Untuk Angkut Alat Kesehatan Dari Shanghai Cina

Selain itu, lanjut Madi, pihaknya bersama dengan jajaran Satpol PP melakukan monitoring wilayah untuk memastikan warga tidak panik. “Kami juga mengimbau agar warga menghindari kontak langsung dengan sesama warga maupun wisatawan,” kata Madi.

Menurut Madi, kondisi di wilayah Kelurahan Pulau Kelapa sejauh ini kondusif, aman dan tentram. Hanya saja warga diminta tetap perlu untuk meningkatkan kewaspadaan. Selain itu upaya pencegahan juga perlu dilakukan dengan pola hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan benar, dan menggunakan sabun setiap selesai aktivitas.

Gempa Bumi Georgina Rodriguez dan Cristiano Ronaldo Ketakutan

Prabowo Minta Sediakan Pesawat kepada Panglima TNI Untuk Angkut Alat Kesehatan Dari Shanghai Cina

Warga juga diminta jaga kebersihan lingkungan rumah serta memperbanyak minum air putih, mengonsumsi buah dan sayuran dan hindari berpergian ke tempat yang beresiko tinggi. “Dan yang paling penting adalah berdoa memohon kepada Allah SWT agar kita dijauhkan dari COVID-19 ini,” tuturnya.

Disinfektan

Sejumlah fasilitas umum seperti Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), rumah ibadah, hingga sekolah di Kelurahan Pulau Kelapa, disemprot cairan disinfektan.

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Pulau Kelapa, Muslim, mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan di wilayahnya itu dilakukan secara serentak pada Kamis (19/3/2020). “Penyemprotan disinfektan itu kita lakukan di lima lokasi yang ada di Kelurahan Pulau Kelapa,” ucap Muslim.

Neymar dan Thiago Silva Ngungsi ke Kampung Halaman

Sudah Rindu Akting Sinetron, Syahnaz Sadiqah Masih Harus Fokus Menyusui Anak Kembarnya

Dul Jaelani Bangga Kolaborasi Langsung dengan Ahmad Dhani di Dewa 19

Muslim mengatakan kelima lokasi yang disemprot cairan disinfektan tersebut terdiri dari dua RPTRA yakni RPTRA Nyiur Melambay dan RPTRA Arung Palakka. Selain itu masih ada juga sebuah sekolah yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 17 Pulau Kelapa.

“Dua tempat lainnya yang disemprot disinfektan berada di Pulau Kelapa Dua yakni Masjid Jannatun Naim dan PAUD Rakit Tiang,” katanya. Muslim menjelaskan, penyemprotan cairan disinfektan yang melibatkan sejumlah unsur seperti petugas Satpol PP, Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan lain-lain itu untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Ini adalah bentuk antisipasi penyebaran virus corona di Kelurahan Pulau Kelapa sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta,” katanya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved