Virus Corona

Puskesmas Pamulang Telah Siap 90 Persen Tangani Pandemi Virus Corona, Namun Belum Dapat Dioperasikan

Persiapan dari Puskesmas Pamulang telah mencapai 90 persen sebagai penyanggah rujukan pasien dengan gejala infeksi virus corona.

Warta Kota/Rizki Amana
Kepala Bidang Pelayanan Medis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Imbar Umar Gazali. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) siapkan satu unit kesehatan penyanggah RSU Kota Tangsel dalam penanganan rujukan penderita wabah virus COVID-19 atau corona.

Adapun unit kesehatan yang ditunjuk Pemkot Tangsel itu yakni Puskesmas Pamulang.

Kepala Bidang Pelayanan Medis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Imbar Umar Gazali mengatakan persiapan dari Puskesmas Pamulang telah mencapai 90 persen sebagai penyanggah rujukan pasien dengan gejala infeksi virus corona.

"Untuk fisik itu sudah 90 persen tinggal menunggu alat yang membuat udara itu jadi steril, hepa filter," kata Imbar saat ditemui di Gedung Dinkes Kota Tangsel, Serpong, Selasa (24/3/2020).

Lebih dari 100 Orang Datangi RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet, Diprediksi Akan Terus Bertambah

Selain kesiapan alat fasilitas kesehatan, Imbar mengaku pihaknya juga sedang melakukan pengaturan jadwal bagi kesiagaan tenaga medis.

Ia menjelaskan bila tenaga medis tersebut disediakan dari berbagai rumah sakit yang diperuntukan dalam penanganan pandemi virus corona ini.

"Kalau fasilitas lain tempat tidur sudah ada disana. Kemudian alat-alat (faskes penunjang) lain di ambil dari rumah sakit. Kemudian SDM-nya (Sumber Daya Manusia) kami perbantukan perawat dari Puskesmas. SDM dokternya yang spesialis berpraktek di RSU," jelas Imbar.

Wapres Maruf Amin: 15,2 Juta KK Akan Terima BLT sebagai Dampak Penyebaran Covid-19

"Akan dibagi shift (secara bergantian), biar tertangani dengan baik dalam satu kelompok kerja. Kalau dia tidak di shift, nanti kita kewalahan. Yang ada malah kekurangan SDM nantinya," sambungnya.

Menurutnya penunjukan Puskesmas Pamulang sebagai rujukan penanganan pasien dengan gejalan infeksi virus corona merupakan kebijakan dari Pemkot Tangsel.

Sebab, jumlah kasus pandemi virus corona terus meningkat temuannya di wilayah Kota Tangsel.

Yakin Virus Corona Pergi dari Indonesia, Lukman Sardi: Asal Kita Fight Terus dan Selalu Bersatu!

"Dibuat solusi bahwa Puskesmas Pamulang ini yang merupakan tempat transit pasien sebelum dapat RS rujuka," ujar Imbar.

Meski kesiapan telah dinyatakan 90 persen, Imbar belum dapat memastikan berlangsungnya operasional Puskesmas Pamulang.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, Tuliskan Pesan ini Setelah Dinyatakan Positif Corona

Ia hanya mengatakan bila Puskesmas Pamulang sudah diapstikan menjadi unit kesehatan dalam penanganan pasien dengan gejala infeksi virus corona.

"Maka ditetapkan Puskesmas Pamulang tidak melayani rawat inap penyakit yang seperti biasa difokuskan ke arah ODP (orang dalam pemantauan), dan PDP (pasien dalam pengawasan)," tandasnya. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved