Kesehatan

80 Persen Masyarakat Lebih Pilih Metode Hemodialisa dalam Pengobatan Gagal Ginjal

Ketua Umum PB Pernefri, Aida Lydia mengatakan, 80 persen masyarakat di dunia lebih memilih untuk menggunakan metode hemodialisa dalam upaya mengobati

Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Acara Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day atau WKD) di Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (11/3/2020). 

Ketua Umum PB Pernefri, Aida Lydia mengatakan, 80 persen masyarakat di dunia lebih memilih untuk menggunakan metode hemodialisa dalam upaya mengobati gagal ginjal.

Menurut dia ada tiga pengobatan gagal ginjal yang biasa dilakukan yaitu hemodialisa (HD), Continous Ambulatory Peritonial Dialysis (CAPD) dan transplantasi ginjal atau cangkok ginjal.

"Sebenarnya masing-masing pengobatan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tapi 80 persen mengunakan metode hemodialisa," kata Aida Lydia dalam acara peringatan hari ginjal sedunia di Setiabudi, Rabu (11/3/2020).

Jika mengunakan metode pengobatan CAPD biasanya dilakukan sendiri dengan menganti cairan melalui membran yang ada didalam perut, prosesnya pun dilakukan hingga 4 kali sehari.

Kendati demikian jika tidak disiplin akan menyebabkan infeksi.

 Geger Warga Negara Singapura Tewas di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Kronologinya

 MEMANAS! Korea Utara Ancam Tembak Pendatang, China Larang Warganya Dekati Perbatasan

 600.000 Masker Siap Kirim ke China, Padahal Kebutuhan Masker Warga Jakarta 1 Juta Pieces Perhari

 Ririn Ekawati Ditangkap Polisi Karena Narkoba, Polisi: Masih Kami Periksa

"Kalau CAPD pasien bisa kemana-mana karena bisa dilakukan sendiri. Proses pergantian dilakukan 3-4 kali sekali dan pasien bisa mengganti sendiri. Tapi kalau pasien tak disiplin bisa menyebabkan infeksi," katanya.

Menurut Aida, Cara yang paling baik bagi seseorang yang mengalami gagal ginjal adalah melakukan transplantasi, proses transplantasi bisa menggantikan fungsi ginjal seseorang secara utuh.

Hanya saja metode transplantasi ginjal cukup rumit dan memakan biaya yang tidak murah. Sehingga tidak semua orang mengunakan metode ini dalam upaya penyembuhan.

 TANGKI Mobil Sedot Tinja Meledak Semburannya Timpa Rumah Warga, Tawaran Damkar Ditolak

"Kalau transplantasinya bagus, maka bisa mengganti fungsi ginjal seutuhnya. Tapi kelemahannya adalah untuk mencari donor ginjal. Pasalnya sebagian besar donor ginjal adalah donor hidup," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved