Virus Corona

Relawan Binatang Sebut Sejauh Ini Hewan Peliharaan Belum Terbukti Dapat Tertular Virus Corona

Menurut salah seorang pendiri JAAN, Karin Franken, sejauh ini belum ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan virus corona.

Relawan Binatang Sebut Sejauh Ini Hewan Peliharaan Belum Terbukti Dapat Tertular Virus Corona
Warta Kota/Rangga Baskoro
Ilustrasi -- sejauh ini belum ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan virus corona. 

WARTAKOTA --- Jakarta Animal Aid Network (JAAN) atau relawan peduli binatang, mengomentari terkait kabar tiga ekor hewan peliharaan milik pasien yang positif virus corona yang diambil sampelnya oleh Dinas Ketahanan Pangan, Petanian dan Perkinanan (DKPPP) Kota Depok untuk di tes apakah terjangkit virus corona seperti yang diderita pemiliknya.

Menurut salah seorang pendiri JAAN, Karin Franken, sejauh ini belum ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan virus corona.

"Apa mereka (DKPPP Kota Depok) punya tes kitnya? Kemarin Menteri Kesehatan juga sudah bikin statement di media bahwa heqan peliharaan ketularan corona adalah hoax," papar Karin saat dihubungi Warta Kota, Kamis (5/3/2020).

Adrian Maulana Temukan Hal Terindah Imbas dari Virus Corona, Bisa Jemput Putrinya Pulang Sekolah

Meski beberapa waktu lalu ada kasus hewan peliharaan yang dikabarkan terjangkit virus corona, namun kenyataan hingga kini kebenarannya masih belum terbukti.

"Yang kasus pertama di Hong Kong di mana pemiliknya kena terus katanya anjingnya juga kena, ternyata juga tidak terbukti dan anjingnya baik-baik saja," ujar Karin.

Karin bahkan mengecam bila ada pihak-pihak yang mengatakan atau mencurigai bila hewan dapat tertular virus corona tanpa bukti yang kuat.

"Agak keterlaluan juga menurut saya karena nggak boleh asal ngomong, harus ada bukti yang benar," kata Karin.

Tak Boleh Masuk ke Ruang Isolasi, Anggota Keluarga 10 PDP Virus Corona Berkomunikasi Lewat Telepon

Sementara, terkait banyaknya binatang peliharaan yang mati mendadak di Bekasi, Karin mengatakan hal itu bisa disebabkan berbagai hal, tidak hanya melulu karena virus corona seperti yang dikhawatirkan.

"Bisa macam-macam sih, sekarang musim hujan lagi banyak penyakit-penyakit yang mematikan seperti lepti, parvo, atau distemper," tutur Karin.

WHO Pastikan Virus Corona Tak Ditularkan via Hewan Peliharaan

Masyarakat diminta tidak khawatir dengan isu yang menyatakan bahwa virus corona bisa menular ke hewan peliharaan.

Halaman
1234
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved