Virus Corona

Virus Corona Pengaruhi Ekonomi Dunia Dradjad Wibowo Minta Jokowi Adopsi Langkah Pemerintah Singapura

Virus Corona Pengaruhi Ekonomi Dunia, Dradjad Hari Wibowo Minta Jokowi Adopsi Langkah Pemerintah Singapura Terkait penanganan Virus Corona

Istimewa
dradjad 

Wabah virus corona yang kini ditemukan di Indonesia menjadi sorotan dunia.

Tidak hanya mengancam keselamatan jiwa, tetapi juga mempengaruhi perekomian dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) dan Sustainable Development Indonesia (SDI) Dradjad Hari Wibowo. 

"Efek covid-19 ini besar sekali, bukan hanya bagi perekonomian, tapi bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Jadi tidak perlu dielaborasi lagi," ungkap Dradjad Hari Wibowo dalam siaran tertulis pada Rabu (4/3/2020).

Terkait besarnya dampak virus corona tersebut, Dradjad Hari Wibowo menyarankan kepada pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi agar meniru penanganan virus corona yang dilakukan oleh pemerintah Singapura. 

Walaupun diakui, langkah Singapura yang memiliki layanan kesehatan terbaik di dunia itu sulit dijalankan efektif di Indonesia.

"Tapi tidak ada salahnya Indonesia mencoba semaksimal mungkin langkah-langkah tersebut. Ada beberapa butir sangat krusial yang bisa saya sampaikan," ungkapnya.

Langkah pertama adalah penanganan arus informasi terkait virus corona.

Sehingga, selain penanganan epidemiologis dan medis, Singapura katanya mengelola informasi dengan ketat, tetapi terbuka dan akurat.

Tujuannya diungkapkan Dradjad Hari Wibowo mencegah ketakutan dan kepanikan.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved