Virus Corona

Pemkot Depok Isolasi 14 Hari Warga Komplek di Lingkungan Rumah Korban Positif Virus Corona

Selama 14 hari ke depan, Sidik mengatakan pihaknya akan melakukan monitor terhadap warga agar jika ada gejala-gejala tertentu, dapat segera ditangani.

Pemkot Depok Isolasi 14 Hari Warga Komplek di Lingkungan Rumah Korban Positif Virus Corona
Wartakotalive.com/Arie Puji Waluyo
Aparat kepolisian baru saja memasang garis polisi di rumah korban virus covid 19 atau corona, di Jalan Studio Alam Indah, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Senin (2/3/2020). 

Laporan Wartawan Warta Kota, Vini Rizki Amelia

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengimbau warga yang tinggal di satu komplek dengan pasien yang positif terkena virus Corona, untuk tidak melakukan aktivitas selama 14 hari sejak hari ini (2/3/2020).

"Diharapkan tidak beraktivitas dan di dalam rumah saja. Kalau memang tidak terlalu penting untui keluar rumah ya tidak usah keluar," ujar Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono kepada wartawan di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Senin (2/3/2020).

Nantinya, kata Sidik, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan menerjunkan petugas medis untuk mengecek seluruh warga yang ada di komplek Perumahan Studio Alam Indah, Sukmajaya, Depok.

Korban Virus Corona Depok Alami Batuk Keras dan Demam 10 Hari Sebelum Berobat ke Rumah Sakit

"Petugas akan datang dengan menggunakan APD (alat perlindungan diri) untuk memantau semua warga di sana dan mengecek suhu tubuh pagi dan sore selama 14 hari kedepan sejak hari ini," kata Sidik.

Sidik mengatakan, imbauan tersebut bukanlah untuk menakut-nakuti warga justru untuk meminta kesadaran warga agar menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran Corona meluas.

Selama 14 hari ke depan, Sidik mengatakan pihaknya akan melakukan monitor terhadap warga agar jika ada gejala-gejala tertentu, dapat segera ditangani.

Temuan Pertama Virus Corona, Pasar Pramuka Banjir Pembeli Masker

"Kalau nanti ngga ada gejala ya alhamdulilah," papar Sidik.

Sejauh ini, Sidik mengatakan pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan di rumah korban dan juga rumah warga-warga di sekitar komplek tempat korban tinggal.

"Karena ternyata ada beberapa warga yang sudah berinteraksi, karena kekeluargaan jadi warga datang menjenguk di rumahnya (korban)," tutur Sidik.

Sementara saat warga datang menjenguk ke rumah korban, korban diketahui belum terindikasi virus Corona.

Menkes Imbau Warga Hindari Kontak dengan Penderita Virus Corona

Saat tengah memberikan keterangan kepada wartawan pun, Sidik mendapat telepon dan laporan dari Ketua RT dilingkungan tempat tinggal korban.

Bahwa pada hari Minggu (1/3/2020), empat orang warga yang menjenguk korban tersebut datang dan hadir di acara komplek yang saat itu banyak dihadiri warga penghuni komplek.

"Saya sampaikam ke apak RT, tolong warga yang kemarin hari Minggu ada acara di komolek, di isolasi sementara selama 14 hari," kata Sidik.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved