Khawatir Gunung Sampah di TPA Cipayung Longsor, Pemkot Depok Minta Pembuangan ke Nambo Dipercepat!

Ety mengatakan, pihaknya telah siap dari segi armada jika memang percepatan pembuangan tersebut bisa terlaksana di pertengahan tahun.

Khawatir Gunung Sampah di TPA Cipayung Longsor, Pemkot Depok Minta Pembuangan ke Nambo Dipercepat!
Warta Kota
Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati saat memberikan keterangan kepada wartawan di kawasan Margonda, Depok, Minggu (23/2/2020). 

Pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mempercepat operasional Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan saat ini sampah yang dihasilkan warga Depok mencapai 1.100 ton per hari.

Jumlah tersebut, kata Ety belum dikurangi sampah organik yang nantinya dijadikan pupuk.

“Jika masalah ini tidak segera diatasi, dikhawatirkan gunungan sampah yang ada di TPA Cipayung, bisa mengalami longsor,” ujar di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Jumat (28/2/2020).

Ety mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengizinkan Pemkot Depok untuk membuang sampah ke TPPAS Nambo pada akhir 2019.

Namun hingga kini, tutur Eti, hal tersebut belum terlaksana lantaran adanya beragam kendala, salah satunya persoalan administrasi.

“Termasuk izin pertanahan, lingkungan dan sebagainya. Ini yang sedang kita tuntaskan,” paparnya.
Depok dijanjikan dapat membuang sampah ke TPPAS Nambo pada Oktober mendatang.

Akan tetapi, hal itu dirasa terlalu lama mengingat urgensi dari kondisi TPA Cipayung.

Sehingga diharapkan Depok bisa segera melakukan pembuangan pada Juli mendatang.

Ety mengatakan, pihaknya telah siap dari segi armada jika memang percepatan pembuangan tersebut bisa terlaksana di pertengahan tahun.

“Kuotanya mencapai 700 ton per hari. Jumlah ini merupakan akumulasi dari yang dijanjikan awal 300 ton per hari. Mudah-mudahan bisa segera terwujud,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, persoalan sampah Kota Depok hingga saat ini masih menjadi momok yang belum juga dapat diselesaikan.

Pasalnya, TPA Cipayung sudah melebihi kapasitas untuk menampung sampah di Kota Belimbing ini.

Terlebih, rencana Pemkot Depok bisa membuang sebagian sampahnya ke TPPAS Lulut Nambo di Kabupaten Bogor belum juga mendapat titik terang.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved