Breaking News:

Pendidikan

Asah Kreativitas Generasi Muda Indonesia, Kemendikbud Kolaborasi dengan Aplikasi TikTok

TikTok sendiri merupakan platform distribusi video singkat yang ada di sosial media dan belakangan ini digandrungi oleh sebagian besar generasi muda.

Wartakotalive.com/M22
Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Ir Harris Iskandar PhD (tengah) saat menjajaki kolaborasi dengan aplikasi TikTok di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020). 

"Ini untuk mengasah anak-anak kreatif. Kami rencanakan juga akan mempersiapkan kolaborasi dengan TikTok guna memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan pembelajaran yang menyenangkan..."

DEMAM aplikasi TikTok di Indonesia tidak bisa terhindarkan. Mulai dari orang tua, remaja, anak-anak hingga balita kini menggunakan aplikasi ini untuk hiburan.

TikTok sendiri merupakan platform distribusi video singkat yang ada di sosial media.

Menurut survei dari YouGov hampir 50% anak muda Indonesia menggunakan aplikasi TikTok. Itu artinya aplikasi ini banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Yunarto Wijaya Sindir Anies Baswedan Soal Banjir: Silahkan TikToknya Dilanjutkan

Ada 8 Remaja Diduga Terlibat di Video TikTok Mesum di Kota Banjarbaru, Begini Nasibnya Sekarang

Main TikTok di Mata Najwa, Anies : Ini yang Amat Spesial dan Bersejarah

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Ir Harris Iskandar PhD saat ditemui di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020).
Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Ir Harris Iskandar PhD saat ditemui di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020). (Wartakotalive.com/M22)

Dalam rangka merambahkan sayap kepada dunia pendidikan Indonesia, TikTok Indonesia menjejakkan diri dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka memberdayakan generasi muda.

Melalui program bertajuk #SamaSamaBelajar, TikTok Indonesia mendapat lampu hijau dari Kemendikbud untuk dapat bisa memberdayakan generasi muda khususnya anak usia sekolah mengasah kreativitas mereka.

"Kemajuan teknologi di era 4.0 harus dibarengi dengan meningkatkan literasi digital generasi muda dan juga tenaga pendidik," ungkap Ir Harris Iskandar P,hD, Plt Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

"Kami mengapresiasi TikTok Indonesia yang mendukung upaya pemerintah meningkatkan literasi digital," imbuhnya. 

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Ir Harris Iskandar PhD (tengah) saat menjajaki kolaborasi dengan aplikasi TikTok di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020).
Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Ir Harris Iskandar PhD (tengah) saat menjajaki kolaborasi dengan aplikasi TikTok di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020). (Wartakotalive.com/M22)

Pembelajaran yang menyenangkan

Bagi Harris, aplikasi TikTok diharapkan bisa dimanfaatkan sebagai kemajuan teknologi dalam rangka memajukan pembelajaran yang menyenangkan.

Pasalnya di dalamnya, aplikasi TikTok tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengasah kreatifitas mereka, tetapi juga ada aplikasi share pendidikan.

"Ini untuk mengasah anak-anak kreatif. Kami rencanakan juga akan mempersiapkan kolaborasi dengan TikTok guna memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan pembelajaran yang menyenangkan," tambahnya.

TikTok sendiri merupakan aplikasi video singkat yang menghadirkan stiker, filter, untuk mempermudah membuat video.

Hal ini lah yang membuat aplikasi ini menarik masyarakat Indonesia untuk mengasah bakat kreatif mereka.

Tidak heran selama dua tahun terakhir TikTok di Indonesia menjadi konten yang paling digemari baik dari segi fashion, travel, kuliner dan edukasi. (M22)

Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved