Pemkot Terus Melakukan Penataan Dukung Kebun Raya Bogor Jadi Warisan Dunia

Saat ini Kebun Raya Bogor tengah berjuang agar dokumen nominasi untuk dikirim ke UNESCO serta sosialisasi kepada publik

Pemkot Terus Melakukan Penataan Dukung Kebun Raya Bogor Jadi Warisan Dunia
Warta Kota/Joko Supriyanto
ali Kota Bogor Bima Arya saat menghadiri Talkshow '500 tahun Spirit Konservasi Tumbuhan Batutulis hingga Kebun Raya Bogor' yang digelar di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (14/2/2020) 

Pemerintah Kota Bogor tengah fokus dalam menguatkan identitas Kebun Raya Bogor untuk menjadi warisan dunia. Hal itu diungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya, dalam Talkshow 500 Tahun Spirit Konservasi Tumbuhan Batutulis hingga Kebun Raya Bogor, di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Namun, lanjutnya, tentunya tak terlepas dengan kondisinya saat ini yang menuju Kota Pusaka, Kota Cerdas, dan Kota Hijau. “Kita berkolaborasi dengan Kebon Raya, LIPI, untuk menguatkan identitas Kebun Raya dengan Kota Bogor, Haritage Kota Pusaka, Smart Ccity, dan Green City,” katanya.

Dukung Transparansi Penerimaan Pajak, Bank DKI Luncurkan Sistem TOSKA

Ramalan Zodiak Sabtu 15 Februari 2020 Scorpio Trik Baru, Gemini Terseret Konflik, Leo Hargai Teman

Punya Pengalaman Pahit di SEA Games 2019, Evan Dimas Sempat Dilarang Berkarier di Sepak Bola

Saat ini Kebun Raya Bogor tengah berjuang agar dokumen nominasi untuk dikirim ke UNESCO serta sosialisasi kepada publik bahwa Kebun Raya Bogor telah tercantum di dalam Tentative List UNESCO World Heritage Site. “Kebun Raya ini tengah berjuang untuk mendapatkan World Haritage.

Persyaratannya banyak, tapi kami optimistis dan berjuang bisa lengkapi itu,” katanya.
Selain itu, penataan Kebun Raya Bogor harus sinkron dengan Kota Bogor. Sehingga kedepan, bukan hanya penataam fisik saja yang dilakukan, tapi juga penataan sejarah Kebun Raya Bogor.

“Kita ingin tahu betul Kebun Raya Bogor ini 200 tahun atau satu abad atau jangan-jangan sudah lima abad. Makannya, perlu kolaborasi riset baik Pemkot Bogor, LIPI, dan Kebun Raya,” paparnya.

Usai Dilantik Anies, Pengprov ISSI DKI Akan Perbanyak Event Balap Sepeda di Jakarta

Pemusatan Latihan Perdana Timnas Indonesia Belum Dihadiri Seluruh Pemain

Timnas Indonesia Latihan Terbuka, Shin Tae-yong Atur Posisi Media

Dari segi penataan, Pemkot Bogor berusaha melakukan penataan fisik di luar Kebun Raya. Di lain sisi, pihaknya terus mengenjot selama dua tahun ini untuk menaturalisasi Sungai Ciliwung di antaranya yang membelah Istana dan Kebun Raya.

“Kita sudah punya Perwali untuk cagar budaya. Artinya titik itu akan kita jaga. Program naturalisasi Sungai Ciliwung, arahnya ke situ juga. Makanya dua tahun terakhir kita fokus pada naturalisasi Sungai Ciliwung,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Arya juga mengungkapan, akan mendorong berbagai program milenial dapat digelar di Kebun Raya Bogor. Sehingga Kebun Raya Bogor tidak hanya sebagai tempat aktifitas olahraga, namun juga akan ada program Safari Night.

“Kita juga akan membuat event untuk kalangan milenial nanti kita akan koordinasikan dengan Dinas Pendidikan,” ucapnya. 

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved