Berita Jakarta

DKI Beli ‘Tank’ Pemadam Kebakaran Bisa Masuk Gorong-gorong Senilai Rp 37,4 Miliar

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI telah membeli sebuah ‘tank’ sebagai pengurai material kebakaran dengan anggaran 2019.

dok Dinas Gulkarmat DKI Jakarta
Dinas Gulkarmat DKI Jakarta memamerkan sebuah ‘tank’ sebagai pengurai material kebakaran pada 2019 ini. Armada dengan dengan model Dok-Ing MVF-U3 senilai Rp 37,4 miliar ini sempat diuji cobakan di di Pusdiklatkar Circacas, Jakarta Timur pada Kamis (6/2/2020) lalu. 

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah membeli sebuah ‘tank’ sebagai pengurai material kebakaran dengan anggaran 2019.

Armada dengan dengan model Dok-Ing MVF-U3 senilai Rp 37,4 miliar ini sempat diujicobakan di Pusdiklatkar Circacas, Jakarta Timur pada Kamis (6/2/2020) lalu.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, pembelian alat itu untuk menyesuaikan medan kebakaraan saat ini.

Khususnya menghadapi bencana kebakaran dan penyelamatan di lintasan transportasi Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) yang cenderung memiliki ruang terbatas.

“Nanti alat ini bisa masuk ke gorong-gorong demi keamanan anggota juga di lapangan, karena (alatnya) dikontrol dari luar,” kata Satriadi pada Rabu (12/2/2020).

 BREAKING NEWS: Diduga Jatuh dari Apartemen, Anak Karen Pooroe Meninggal Dunia

 Viral Video Mesum di Pasuruan Ternyata Dibuat Suami yang Jual Istrinya Dipakai Rame-rame

 Amien Rais Tak Hadir Saat Zulkifli Hasan Buka Kongres PAN, Pengaruh Amien Rais Sudah Berkurang?

 Trending Topik di Twitter Pagi Ini Tagar SegeraTangkapAdeArmando, FPI Tersinggung Dikatain Ini

Satriadi mengatakan, tidak hanya di lintasan LRT dan MRT saja, alat yang diimpor dari negara Kroasia ini juga dapat difungsikan di medan yang memiliki risiko tinggi.

Misalnya untuk menghadapi kebakaran yang terjadi di tempat berbahan kimia, sehingga tidak memungkinkan petugas dapat masuk ke dalam zona api.

“Petugas merupakan prioritas kami, jadi untuk bencana yang sifatnya penuh risiko bisa memakai alat ini,” ujarnya.

Menurut dia, alat ini memiliki beberapa kemampuan selain mampu menahan api dan ledakan, jangkauan titik api yang dapat diraih lebih panjang.

 TERUNGKAP, Syifa Hadju Ternyata Masih Simpan Kalung Emas Pemberian dari Angga Yunanda

Jangkauannya mencapai 80 meter, sehingga petugas tidak perlu masuk ke dalam titik api.

Bahkan untuk melengkapi alat yang sudah ada, DKI juga mengalokasikan dana sekitar Rp 44 miliar untuk pembelian robotik serupa sebanyak tiga unit pada 2020 ini. Namun seluruh armada itu berfungsi khusus sebagai alat penyelamatan korban bencana kebakaran.

“Pengadaan tahun ini ada tiga mobil fire rescue yang di dalamnya ada robotik. Jadi kelihat mahal karena ada mobil ada robotiknya, itu tiga unit angkanya Rp 44 miliar,” jelasnya. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved