Berita Video

VIDEO: Perayaan Cap Go Meh di Bekasi Perpaduan Berbagai Seni dan Budaya

Pasalnya, umat Tionghoa di Bekasi termasuk yang sudah lama tinggal di tanah air sejak zaman dulu dan tidak bisa lepas dari kebudayaan khas nusantara p

VIDEO: Perayaan Cap Go Meh di Bekasi Perpaduan Berbagai Seni dan Budaya
Warta Kota/Luthfi Khairul Fikri
Perayaan Cap Go Meh di Kota Bekasi berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai budaya seni Indonesia. Kirab budaya ini dimulai berlangsung di sekitaran Kelenteng Hok Lay Kiong, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Sabtu, (8/2/2020). 

Perayaan Cap Go Meh di Kota Bekasi berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai budaya seni Indonesia.

Kirab budaya ini dimulai berlangsung di sekitaran Kelenteng Hok Lay Kiong, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Sabtu, (8/2/2020).

Pantauan Wartakota, kirab dalam perayaan Cap Go Meh ini menampilkan pertunjukan dari berbagai kesenian bukan hanya identik dengan budaya tinghoa.

Beberapa kesenian diantaranya mulai dari Reog Ponorogo, Ondel-ondel khas Betawi, Sisingaan, Egrang dan tentunya Barongsai.

Ribuan peserta memulai kirab dari Kelenteng Hok Lay Kiong, lalu berjalan ke Jalan RA. Kartini, masuk ke Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan KH. Agus Salim.

Dilanjutkan ribuan peserta berjalan kaki menuju Jalan Baru Pejuangan Jembatan Besi Rumah Duka untuk selanjutnya masuk ke Jalan Perjuangan arah Stasiun Bekasi.

Setelah dari Stasiun Bekasi, peserta kembali masuk di Jalan Ir. Juanda Bulan-bulan, kemudian ke Pasar Proyek Bekasi Timur untuk selanjutnya ke Jalan Mayor Oking dan finis kembali di Kelenteng Hok Lay Kiong.

Nampak juga antusias warga Bekasi yang menonton perayaan Cap Go Meh tahun ini. Mereka berjejer bersama di sisi jalan yang dilalui dalam pertunjukan tersebut.

Menurut Ketua Yayasan Pancaran Tridharma selaku pengelola Kelenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan bahwa, perpaduan budaya ini disajikan setiap tahunnya dalam perayaan Cap Go Meh.

"Ini tradisi setiap tahun, ini cerminan dari Bagsa Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya," ujar Ronny kepada awak media di Kelenteng Hok Lay Kiong.

Halaman
12
Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved