Virus Corona

Total Ada 4 WNI Diduga Kena Virus Corona, 3 WNI di Wuhan, 1 WNI di Singapura, Belum Bisa Dipulangkan

Total Ada 4 WNI Diduga Kena Virus Corona, 3 WNI di Wuhan, 1 WNI di Singapura, Belum Bisa Dipulangkan

twitter
WNI dari Wuhan disemprot cairan disinfektan begitu tiba di Bandara Hang Nadiem, Batam. Penyemprotan merupakan bagian kecil dari proses pencegahan terhadap wabah Virus Corona. Ada pun tiga WNI yang terindikasi kena Virus Corona di Wuhan belum bisa dipulangkan karena terbentur aturan WHO. 

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemulangan WNI yang positif terinfeksi virus corona di Singapura belum bisa dilakukan. 

Alasannya terdapat aturan dari World Health Organization (WHO) yang melarang evakuasi warga apabila sedang terjangkit virus corona.

"Kemungkinan dipulangkan. Tetapi kan masalahnya kalau menurut protokol WHO, orang yang sakit tidak boleh dievakuasi," kata Muhadjir di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Tak Pernah ke China, PRT Asal Indonesia di Singapura Kena Virus Corona, Tertular Majikannya?

7 WNI Tak Bisa Dievakuasi dari China, 4 Karena Alasan Keluarga, 3 Tak Memenuhi Persyaratan Terbang

Berdasarkan aturan WHO, pemerintah suatu negara hanya diperbolehkan mengevakuasi warganya yang dinyatakan sehat. 

Muhadjir mencontohkan kasus tiga WNI di Wuhan yang tidak bisa dievakuasi karena dalam kondisi sakit meski belum dipastikan terinfeksi virus corona.

Dengan demikian total ada 4 WNI yang belum bisa dipulangkan terkait Virus Corona.

Dalam foto, seorang pasien dibawa ke rumah sakit coronavirus pertama Wuhan yang dibangun untuk membantu mengatasi virus yang menyebar cepat dan mematikan.
Dalam foto, seorang pasien dibawa ke rumah sakit coronavirus pertama Wuhan yang dibangun untuk membantu mengatasi virus yang menyebar cepat dan mematikan. (Daily Mail)

"Kalau mengacu pada protokol WHO begitu. Sama dengan kayak di Cina. Kan ada tiga orang yang tak lolos screening kesehatan, jadi tak bisa ikut dievakuasi. Mohon dicatat itu sakitnya bukan corona, jadi di sana itu pusing saja enggak boleh berangkat. Harus betul-betul sehat, baru bisa dievakuasi," kata Muhadjir.

Saat ini menurut Muhadjir pemerintah Indonesia sedang berkoordinasi dengan pemerintah Singapura agar WNI yang terinfeksi virus Corona tersebut mendapatkan perawatan.

Priska Madelyn Nugroho Ulangi Sukses Angelique Widjaja, Masuk Dunia Tenis Berawal dari Tak Sengaja

Sehingga, nantinya dapat dipulangkan ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat ini sedang berupaya mencari alternatif terbaik bagi WNI tersebut.

Halaman
1234
Editor: Wito Karyono
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved