Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Komplotan Pembobol ATM Tarik Uang Tapi Saldo Tak Berkurang Diringkus di Bekasi

Pelaku ini seperti nasabah pada umumnya yang hendak menarik uang di ATM. Akan tetapi saldo di tabungannya tidak berkurang.

Warta Kota/Muhammad Azzam
Empat pelaku ganjal ATM modus baru ditangkap Polres Metro Bekasi Kota. 

Polres Metro Bekasi Kota membongkar modus aksi kejahatan baru. Dalam aksinya, pelaku membobol ATM tanpa merusaknya.

Pelaku ini seperti nasabah pada umumnya yang hendak menarik uang di ATM. Akan tetapi saldo di tabungannya tidak berkurang.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Wijonarko mengatakan ada empat pelaku bobol dan ganjal ATM yang ditangkap yakni Hapenas Saputra (37), Hendri Sah Donal (39), Hendra (35) dan Saipi Apriansyah (23).

"Ada satu pelaku yang DPO yakni HR. Semua pelaku ditangkap di tempat berbeda, salah satu pelaku ditangkap saat melakukan pengawasan di ATM Bekasi Barat," kata Wijonarko, saat ungkap kasus di Mapolres Metro Bekasi Kota, pada Senin (27/1/2020).

Wijonarko mengungkapkan para pelaku ini ditangkap usai anggota satuan reserse kriminal melakukan penyelidikan atas laporan salah satu bank.

Diperoleh informasi keberadaan orang yang mirip dengan terduga.

"Langsung kita amankan empat orang tersangka ditempat berbeda dengan peran berbeda juga dalam aksinya. Ada sebagai eksekutor, pengawas dan sopir," ungkap Wijonarko.

Ia menyebut kasus pembobolan ATM ini merupakan modus baru dan sulit terdeteksi pihak perbankan. Sebab, tidak ada korban masyarakat yang dirugikan.

"Para pelaku beraksi ganjal dan bobol ATM ini pakai ATM miliknya sendiri, tapi di setting oleh tersangka agar kartunya terganjal sehingga uang yang diambilnya itu tidak tercatat sebagai transaksi dan saldo di tabungannya tidak berkurang," jelas Wijonarko.

Dalam aksinya, setelah mendapatkan sasaran ATM para tersangka berbagi peran. Tersangka Hapenas Saputra sebagai eksekutor masuk ke ruang mesin ATM dan melalukan transaksi menggunakan ATM miliknya sendiri. Lalu, pada saat uang hasil transaksi keluar selanjutnya tersangka mengganjal mulut mesin ATM tersebut.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved