Layanan Publik

Jemput Bola Pelayanan Publik, Pemkab Bekasi Luncurkan Kios dan Mobil Keliling

Pemerintah Kabupaten Bekasi kini mempunyai kios dan mobil pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Warta Kota/Muhammad Azzam
Mobil pelayanan keliling Disducapil Pemkab Bekasi siap melayani warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan mulai Senin (27/1/2020). 

Pemerintah Kabupaten Bekasi kini mempunyai kios dan mobil pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Tujuannya untuk jemput bola layanan publik langsung ke masyarakat.

Kios dan mobil keliling itu resmi diluncurkan Jumat (24/1/2020) dan siap beroperasi mulai besok, Senin (27/1/2020).

Kepala Dinas Pendidikan dan Catatan Sipil, Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, ada tiga unit mobil pelayanan keliling dan tujuh kendaraan kios catatan sipil.

Kehadiran pelayanan keliling  agar layanan catatan sipil dapat dirasakan langsung masyarakat Kabupaten Bekasi.

"Untuk pelayanannya tentu seluruh pelayanan di bidang catatan sipil bisa dilakukan agar memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi tentunya dalam hal pengurusan dokumen ini,” ujar Hudaya, Minggu (26/1/2020).

Rizky Nazar Jadi Jagoan Gatotkaca dalam Film Satria Dewa Gatotkaca

Alasan Angga Yunanda Terima Tawaran Jadi Bintang Video Klip Grup Band Armada

Petugas pelayanan keliling Disdukcapil Pemkab Bekasi siap mendatangi warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan.
Petugas pelayanan keliling Disdukcapil Pemkab Bekasi siap mendatangi warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Pelayanan jemput bola itu untuk melayani pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian (tidak lebih dari 1 tahun), Akta Perkawinan, dan Akta Perceraian.

Pelayanan tiga unit mobil keliling tersebut akan melakukan pengurusan dokumen pencatatan sipil ke desa-Desa di Kabupaten Bekasi.

Sedangkan tujuh kendaraan kios catatan sipil (capil) akan melayani pelayanan ke-23 kecamatan di Kabupaten Bekasi.

“Kita melakukan pelayanan jemput bola agar daerah yang jauh dari lokasi pelayanan di kantor Disdukcapil bisa dijangkau dan terlayani dengan baik," kata Hudaya.

Alasan Angga Yunanda Terima Tawaran Jadi Bintang Video Klip Grup Band Armada

Target PBB P2 Kabupaten Bekasi Tahun 2020 Naik Rp 28 Miliar dari Rp 553 Miliar Menjadi Rp 581 Miliar

Hudaya menjelaskan, diluncurkannya Kios Capil dan Mobil Pelayanan Keliling ini diharapkan memberikan kemudahan masyarakat Kabupaten Bekasi.

Selain itu, untuk mendukung program pemerintah agar semua masyarakat dapat memiliki catatan kependudukan lengkap dan valid.

"Tahun 2019 lalu kita sudah ada tapi baru sedikit. Maka tahun 2020 ini, pelayanan jemput bola dengan mobil keliling dan kios capil akan melayani masyarakat Kabupaten Bekasi mulai di Kecamatan, desa-desa hingga seluruh penjuru Kabupaten Bekasi," ucap Hudaya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved