Hukum dan Kriminal

Satu Minggu Sebelum Gelar Operasi, Imigrasi Jakarta Barat Intai Aktivitas 13 WNA Asal Afrika

SEBANYAK 13 orang WNA asal Benua Afrika yang diamankan jajaran Kantor Imigrasi Jakarta Barat karena overstay telah diintai satu minggu sebelum operasi

Satu Minggu Sebelum Gelar Operasi, Imigrasi Jakarta Barat Intai Aktivitas 13 WNA Asal Afrika
Istimewa
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat menggelar kasus pengamanan 13 WNA asal Benua Afrika melalui operasi pada 14 Januari lalu, Selasa (21/1/2020). 

“Kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut apakah ke 13 orang itu ditemukan pelanggaran lain atau ada instansi lain yang kiranya mendapati penyalahgunaan dan pelanggaran dari 13 orang tersebut...”

SEBANYAK 13 orang warga negara asing (WNA) asal Benua Afrika yang diamankan jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat karena overstay telah diintai satu minggu sebelum operasi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat Novianto Sulistiono mengatakan, operasi terhadap 13 orang WNA asal Benua Afrika itu digelar pada 14 Januari 2020 lalu.

”Sebelumnya kita lakukan pengintaian dan pengumpulan data selama 1 minggu. Setelah dapat data akurat kita lakukan operasi lapangan,” ucap Novianto, Selasa (21/1/2020).

UPDATE Kecelakaan Bus di Subang, Korban Luka yang Dirawat di RS Hermina Depok Meninggal Dunia

Lagi, 3 Roket Hantam Area Kedutaan Besar AS di Irak, Juru Bicara Militer AS: Tak Ada Korban

Meluncur, Yamaha Xmax dan Aerox 155 VVA S-Version Edisi MAXI Signature, Ini Harganya

Sebanyak 13 orang WNA yang terjaring operasi Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat itu terdiri dari 10 WNA asal Nigeria, 2 WNA asal Pantai Gading dan 1 WNA asal Guinea Bissau.

“Operasi pengawasan dilakukan menindaklanjuti informasi masyarakat. Kita lakukan pengawasan mulai dari apartemen di Jakarta Barat,” ucapnya.

Menurut Novianto, 13 orang WNA tersebut telah melakukan pelanggaran keimigrasian melebihi batas waktu yang tertuang dalam Pasal 75 dan Pasal 78 ayat 3 UU Nomor 6 Tahun 2011.

“Kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut apakah ke 13 orang itu ditemukan pelanggaran lain atau ada instansi lain yang kiranya mendapati penyalahgunaan dan pelanggaran dari 13 orang tersebut,” sambungnya.

Selanjutnya ke 13 orang WNA tersebut akan dilakukan pendeteksian oleh petugas di Ruang Deteksi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat untuk kemudian dideportasi ke negara asalnya masing-masing. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved