Breaking News:

Banjir Jakarta

Buruknya Penanganan Banjir di 2020 Dimata Korban dan Pengungsi di Rawa Buaya

Usman (64) menyayangkan penanganan banjir yang tidak sigap di tahun 2020 kali ini. Ia membandingkan penanganan banjir serupa di tahun 2007 dan 2012.

Warta Kota/Desy Selviany
Usman mengungsi bersama keluarganya di Rusun Rawa Buaya Jumat (3/1/2020). 

Usman (64) menyayangkan penanganan banjir yang tidak sigap di tahun 2020 kali ini. Ia membandingkan penanganan banjir serupa di tahun 2007 dan 2012.

Kata Usman kali ini penanganan banjir sangat buruk. Mulai dari evakuasi sampai pengungsian terlihat semua elemen tidak sigap dalam memberikan bantuan.

Misalnya saja saat evakuasi, ia bercerita harus mengevakuasi beberapa cucuknya menggunakan baskom.

"Semuanya sendiri, air sudah seleher waktu itu, kami inisiatif ambil baskom, cucuk saya ditaruh disitu, saya dan anak-anak berjalan di tengah banjir sambil dorong baskom," jelas Usman ditemui di Posko Pengungsian Rusun Rawa Buaya Jumat (3/1/2020).

Penanganan Banjir 2020 Lebih Buruk Dibanding 2007 dan 2012, Padahal Anies Sudah Tinjau Lokasi

Usman mengatakan di tahun 2007 dan 2012 ia juga pernah terjebak banjir yang sama. Namun perahu karet mengevakuasi keluarganya di RT 10 RW1 Rawa Buaya.

Sesudah memilih mengungsi, Usman juga mengaku kecewa dengan penanganan bantuan. Pasalnya keluarganya tidak tertangani saat mengungsi di Rusun Rawa Buaya.

Mereka hanya diberikan tempat singgah dan berteduh saat rumah harus terendam banjir.

"Sampai ini tikar saja saya beli sendiri dadakan," kata Usman.

Remaja Tanggung Tewas Terseret Banjir Saat Bermain Gedebok Pisang di Kali Uangan Tangerang

Bantuan makanan juga baru diterimanya Jumat siang saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung. Selama ini ia mengaku harus keluarkan kocek sendiri untuk membeli makanan.

"Ini belum tahu kelanjutan akan terus dapat makanan atau tidak, tapi mudah-mudahan sampai pulang makanan tercukupi," kata Usman.

Halaman
12
Penulis: Desy Selviany
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved