Natal dan Tahun Baru

Pastikan Harga Sembako Tak Melambung Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemkot Depok Sidak Pasar 

Jelang Natal dan Tahun Baru Pemerintah Kota (Pemkot) Depok lakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait harga barang pokok.

Pastikan Harga Sembako Tak Melambung Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemkot Depok Sidak Pasar 
Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Achmad Kafrawi lakukan pengecekan ke sejumlah pedagang di Pasar Agung, Sukmajaya, Depok, Kamis (19/12/2019). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Vini Rizki Amelia

DEPOK, WARTAKOTALIVE.COM - Jelang Natal dan Tahun Baru Pemerintah Kota (Pemkot) Depok lakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait harga barang pokok. 

Sidak dilakukan di Pasar Agung dengan melibatkan berbagai Perangkat Daerah (PD) terkait.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Achmad Kafrawi mengatakan, sidak tersebut untuk melihat dan memastikan adanya empat aspek di masyarakat. 

Yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif menjelang hari-hari besar.

“Biasanya ada barang kebutuhan pokok yang naik, dengan adanya sidak ini, kita berharap pedagang tidak menggunakan momentum akhir tahun dan peringatan keagamaan untuk menaikan harga, karena itu kita pantau,” katanya usai sidak, di Pasar Agung, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Kamis (19/12/2019).

Lebih lanjut Kafrawi mengatakan, pihaknya memilih Pasar Agung sebagai lokasi sidak karena pasar tradisional ini milik Pemkot Depok

Selain itu, secara lokasi, Pasar Agung berada di tengah pemukiman warga dengan aktivitas jual beli hampir 24 jam.

Pasar Agung juga dikatakan Kafrawi banyak dikunjungi masyarakat menengah ke bawah.

“Poin inilah yang menjadi pusat konsen kita dalam sidak, yaitu menjaga daya beli dan ketersediaan bahan pokok untuk masyarakat menengah ke bawah,” paparnya.

Dari hasil Sidak kali ini, sambungnya, stok kebutuhan barang pokok dapat dinyatakan aman dan tersedia. 

Adapun harga, sambungnya, relatif stabil dan pihaknya berharap masyarakat dalam menyikapi momuntem akhir tahun juga bisa bijak dalam berbelanja.

"Salah satunya tidak menyimpan stok barang kebutuhan dalam jumlah yang berlebihan, sehingga harga di pasaran masih dapat dikendalikan,” katanya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved