Breaking News:

Teknologi Digital

Sedekah Digital Lewat QRIS pada KOIN NU, Sebuah Kolaborasi GoJek, GoPay, dan Nahdlatul Ulama

Kini, masyarakat terutama warga NU dapat bersedekah secara nontunai melalui berbagai layanan pembayaran digital dalam satu QR Code.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Fred Mahatma TIS
Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Asisten Direktur Divisi Perizinan SP dan Elektronifikasi KPw Bank Indonesia DKI Jakarta, Ria Swandito; Head of Corporate Communication GoPay, Winny Triswandhani; dan Ketua NU Care - LAZISNU, Achmad Sudrajat saat memperagakan donasi menggunakan QRIS melalui Gopay pada aplikasi Gopay saat saat pengenalan Gerakan Koin NU Digital di Gedung PBNU Jakarta, Selasa (17/12/2019). 

"Bagi yang hendak memberikan donasi cukup dengan scan kode QRIS yang sudah tersedia, pengguna langsung dapat mendonasikan saldonya sesuai yang dikehendaki. Nominal tersebut langsung masuk ke rekening LAZISNU..." 

GOJEK dan GoPay terus mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan inklusi keuangan lewat pemanfaatan teknologi seperti penggunaan uang elektronik dalam bertansaksi hingga bersedekah.

Kali ini Gojek dan Gopay menggandeng organisasi muslim Nahdlatul Ulama (NU) dalam melakukan pengenalan implementasi QRIS (Quick Response code Indonesia Standard) dari Bank Indonesia (BI) dalam gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN NU).

Dengan ini, masyarakat terutama warga NU dapat bersedekah secara nontunai melalui berbagai layanan pembayaran digital dalam satu QR Code.

Thermos Tumbler Nusantara, Koleksi Tumbler Keberagaman Indonesia, Edisi Terbatas Hanya di Tokopedia

Tinggal Swipe Up & Pay, Transaksi DANA dan GoPay pun jadi Lebih Mudah di Samsung Pay

Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN NU),
Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN NU), "Bersedekah lebih mudah pakai GoPay" (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Kode QRIS di KOIN NU merupakan penerapan awal QR dengan standarisasi QRIS dari BI pada lembaga zakat, infaq dan sedekah.

KOIN NU merupakan gerakan yang dilakukan oleh NU Care sebagai Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) dalam menyebarkan ratusan ribu kotak amal di seluruh Indonesia, untuk mendorong masyarakat berinfaq.

Ketua NU Care-LAZISNU Achmad Sudrajat mengatakan dengan teknologi yang ditawarkan GoPay, khususnya QR Code berstandar Indonesia atau QRIS untuk KOIN NU ini dapat meningkatkan potensi masyarakat maupun warga NU dalam bersedekah secara digital.

Namun menurutnya, gerakan pembayaran melalui digital ini butuh waktu dan sosialiasi karena masyarakat di pelosok masih cukup awam memakai QR Code.

"Di Temanggung, KOIN NU berhasil mendapatkan sumbangan melalui uang recehan dan terkumpul Rp 24 miliar. Bayangkan kalau di wilayah pelosok dapat menyumbang memakai QR Code," kata Achmad saat pengenalan Gerakan Koin NU Digital di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Lantai 8, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Menurut Achmad, setiap donasi masyarakat yang dilakukan dengan memindai QRIS yang ada pada KOIN NU, maka donasi tersebut langsung masuk ke rekening LAZISNU.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved