Kesehatan

Perawatan Wajah Membuat Kulit Mengelupas? Jangan Panik, Ini Penjelasan Dokter

Apakah Anda pernah pakai krim wajah lalu efeknya membuat kulit mengelupas? Jangan panik dulu ya, begini penjelasan dokter

net via msglow
Ilustrasi -- kulit wajah mengelupas setelah pakai krim wajah 

Apakah Anda rajin memakai krim wajah sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit?

Menggunakan krim wajah memerlukan perhatian khusus, karena jika salah dalam memilih krim justru akan merusak kulit wajah itu sendiri.

Namun ada kalanya krim wajah tersebut memang dipakai untuk mengelupas sel kulit yang sudah mati.

Setelah memakai produk perawatan kulit biasanya akan ada efek samping kulit muka yang mengelupas.

Ada yang langsung mengelupas tapi ada juga yang jeda beberapa hari dari penggunaan pertama dulu tergantung kondisi kulit.

Klinik Ini Berikan Tips Jitu Agar Konsumen Tidak Terjebak Perawatan Kulit Abal-abal

Dokter Spesialis Kulit, dr. Atika Damayanti Sp.KK menjelaskan kulit mengelupas itu karena kulit mati siap berganti dengan kulit yang baru.

“Sebenarnya skin care yang bagus menyebabkan kulit mengelupas, nanti akan halus karena untuk caring atau menghilangkan kukit mati,” ungkap dr Atika saat ditemui di acara anniversary Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).

Nah kulit yang mengelupas yang baik yang mengelupasnya tidak terlalu kelihatan atau tidak terlalu bersisik.

Kalau sampai bersisik hingga menyebabkan kulit terlalu tipis bisa jadi karena dosisnya penggunaan produk perawatan wajah yang terlalu tinggi.

“Kalau kulit kelihatan bersisik banget mungkin karena terlalu banyak makenya. Dikurangin aja dulu dikit-dikit,” ucap dr. Atika.

Ingin Wajah Bebas Jerawat, Berikut 10 Tips Mencegah Jerawat dengan Perawatan Kulit Sehari-hari

Kemudian selain megelupas, jika dibarengi kulit merah, kulit perih, dan kering maka sebaiknya hentikan dulu penggunaan produk takutnya produknya memang tidak cocok dengan kulit.

“Kalau mau coba boleh, tapi diistirahatin dulu kulitnya sampai kembali normal. Dicoba dulu sedikit-sedikit. Kalau dua kali coba tetap begitu kondisi kulitnya, baru berhenti pemakaiannya,” pungkas dr. Atika.

Cara mengecek krim muka yang bereaksi di kulit

Sayangnya, karena banyak yang ingin kulit wajah bersih dalam sekejap, tidak sedikit produk-produk wajah dengan kandungan yang tidak jelas.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved