Dirut Garuda Dicopot

IPW: Ada Pihak Tertentu Lindungi Dirut Garuda Penyelundup Harley Davidson

Neta menilai, apa yang dilakukan Dirut Garuda itu adalah tragedi menjelang Hari Anti Korupsi se Dunia yang jatuh 9 Desember ini

IPW: Ada Pihak Tertentu Lindungi Dirut Garuda Penyelundup Harley Davidson
KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA
Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara yang jabatannya dicopot Erick Thohir.  

KETUA IPW minta jangan melindungi Dirut Garuda dengan UU Kepabeanan.

Ketua IPW Neta S Pane minta pihak tertentu jangan berusaha melindungi rombongan Dirut PT Garuda Ari Askhara, penyelundup Harley Davidson dan sepeda Brompton, dengan Undang Undang Kepabeanan.

"Sebab apa yang dilakukan Ari Askhara dan rombongannya itu adalah penyalahgunaan wewenang, kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN) sebagai pejabat negara. Jadi pihak tertentu ini jangan melindunginya," kata Neta kepada Wartakotalive, Senin (9/12/2019).

Neta menilai, apa yang dilakukan Dirut Garuda itu adalah tragedi menjelang Hari Anti Korupsi se Dunia yang jatuh 9 Desember ini.

"Dimana seorang pimpinan (Dirut Garuda) bersama sama bawahannya melakukan persekongkolan dan permufakatan jahat dalam menyalahgunakan wewenangnya, untuk memanfaatkan fasilitas negara demi keuntungan pribadi dan kelompoknya," kata Neta.

Penampakan Rumah Mewah Mantan Dirut Garuda di Bali, Warga Ungkapkan Kebiasaan Saat Pulang Kampung

"Tapi anehnya, hingga kini jajaran Polri belum bergerak mengusutnya. Sementara, pihak bea cukai juga belum mengungkap secara transparan, barang mewah apa saja yang diselundupkan rombongan Ari Askhara," tambah Neta.

Sebab katanya beredar isu, bahwa selain Harley Davidson dan sepeda mewah, rombongan itu juga menyelundupkan sejumlah tas branded dan barang barang lain.

"Begitu juga mengenai jumlah rombongan belum dipaparkan secara transparan. Padahal, rombongan ini diduga telah memanipulasi data penerbangan. Jika seorang pimpinan perusahaan penerbangan negara sudah memanipulasi data penerbangan, ini tentu sebuah kejahatan luar biasa yang tidak bisa ditolerir," ujarnya.

Suami Iis Dahlia Pilot Garuda Pembawa Harley Davidson dan Sepeda Brompton, Gajinya Diatas Jokowi

Akibat tidak transparannya penanganan kasus ini kata Neta, IPW menduga ada pihak pihak tertentu yang berusaha melindungi rombongan Ari Askhara agar tidak terjerat kasus hukum dan cuma dikenakan denda kepabeanan.

"Padahal kasus Ari Askhara tidak cukup hanya ditangani Bea Cukai. Dugaan KKN, penyalahgunaan jabatan, persekongkolan jahat memanfaatkan fasilitas negara untuk memperkaya diri dan kelompok, serta pelanggaran UU Penerbangan dan lainnya harus dikenakan kepada rombongan Ari Akshara," katanya.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved