Lingkungan Hidup

Leonardo DiCaprio Disemprot Presiden Brasil Soal Kebakaran Amazon Sempat Kritik TPA Bantar Gebang

Leonardo DiCaprio telah mendanai kelompok nirlaba yang ia klaim bertanggung jawab atas kebakaran yang meluas di hutan hujan Amazon.

Kompas.com
Ilustrasi kebakaran hutan tropis. 

Presiden Brazil Jair Bolsonaro pada Jumat (29/11/2019), menuduh aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio telah mendanai kelompok nirlaba yang ia klaim bertanggung jawab atas kebakaran yang meluas di hutan hujan Amazon, tahun ini.

Namun, Bolsonaro tidak memberikan bukti untuk klaim tersebut ketika berbicara dengan sekelompok kecil pendukungnya di Brasilia.

"DiCaprio adalah pria yang keren, bukan? Memberi uang untuk membakar Amazon," katanya.

Sementara, yang diketahui Organisasi lingkungan DiCaprio, Earth Alliance, menjanjikan 5 juta dolar AS atau Rp 70,4 miliar untuk membantu melindungi Amazon.

Leonardo DiCaprioLeonardo DiCaprio saat menghadiri pemutaran perdana film
Leonardo DiCaprioLeonardo DiCaprio saat menghadiri pemutaran perdana film "The Wolf of Wall Street" di London, Inggris. (AFP PHOTO / BEN STANSALL)

Hal itu setelah gelombang kebakaran menghancurkan sebagian besar hutan hujan pada bulan Juli dan Agustus 2019.

Pernyataan Bolsonaro tersebut adalah bagian dari kampanye pemerintah yang lebih luas terhadap kelompok nirlaba lingkungan yang beroperasi di Brasil.

Beberapa anggota pemerintahan Bolsonaro berpendapat bahwa kelompok masyarakat sipil dan hukum lingkungan menghambat pembangunan ekonomi di wilayah tersebut.

Bolsonaro dan Menteri Lingkungan Hidup Brasil, Ricardo Salles, mempromosikan pembangunan di beberapa area alami yang dilindungi, bahkan ketika kebakaran dan deforestasi yang disengaja di Amazon telah mencapai tingkat yang tidak terlihat dalam satu dekade.

Pertempuran Hidup dan Mati Antara Seekor Anaconda dan Buaya di Amazon Lalu Lihat Siapa yang Hidup

Kritik terhadap DiCaprio dan aktivis lingkungan menyusul serangan polisi di markas besar dua kelompok nirlaba di negara bagian Para, Amazon, pada awal pekan ini.

Polisi setempat juga menangkap empat petugas pemadam kebakaran sukarela dan mengatakan sedang menyelidiki mereka karena diduga menyalakan api untuk mendapatkan dana dari donor yang bersimpati.

Halaman
1234
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved