Breaking News:

Kesehatan

Update Penyakit Hepatitis Terjadi Lebih Cepat Menular Dibanding HIV Sehingga Publik Diminta Waspada

Penularan penyakit hepatitis dari penderita terbilang sangat cepat ke lingkungan sekitarnya.

Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Ilustrasi. Heboh kasus virus hepatitis A di wilayah Pancoran Mas Depok, Jawa Barat, Puskemas Harjamukti Depok gelar penyuluhan ke lingkungan sekolah. Penularan hepatitis akan terasa 7-14 hari ke depan, sementara HIV akan terasa 10 tahun kemudian. 

Penyakit Hepatitis atau peradangan hati disebabkan oleh virus hepatitis, perlemakan, parasit (malaria, amoeba), alkohol, obat-obatan, dan virus lain (dengue, herpes).

Virus diklaim sangat berbahaya jika tak cepat diobati.

Bahkan, penularan penyakit hepatitis dari penderita terbilang sangat cepat ke lingkungan sekitarnya.

Hal itu juga dibenarkan oleh Humas Puskesmas Cileungsi, Sriwijayanti bahwa virus atau penyakit hepatitis itu tergolong mudah tersebar.

"Penyakit hepatitis sangat cepat menular kalau penderita tak cepat berobat, karena memang sangat bahaya buat sekitarnya," ujar Sri kepada Wartakota saat dikonfirmasi, Selasa (26/11/2019).

Penularan virus ini bisa terjadi melalui sendok, gelas, piring, jarum suntik hingga saat berhubungan badan dengan penderita penyakit tersebut.

Lebih lanjut, menurutnya, bahkan penularan penyakit hepatitis ini lebih cepat jika dibandingkan virus HIV, karena memang masa inkubasinya hanya dalam waktu 7-14 hari ke depan.

"Penularan hepatitis lebih cepat ketimbang penderitan HIV. Kalau hepatitis akan terasa 7-14 hari ke depan, sementara HIV akan terasa 10 tahun mendatang," jelas Sri yang merupakan lulusan jurusan kebidanan itu.

Dengan demikian, penderita penyakit hepatitis itu harus cepat ditangani dengan segera berobat ke rumah sakit terdekat agar menghindari adanya penyebaran secara luas kepada lingkungan sekitarnya.

Bahkan, penderita memang perlu diisolasi dan penderita jangan tidur sekamar dengan orang sehat.

Dunia Bisnis dan Perdagangan Lesu yang Tampak dari Banyaknya Kios yang Tutup di WTC Mangga Dua

Halaman
1234
Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved