Breaking News:

Jembatan Kerang Hijau

Jembatan Berkonsep Kerang Hijau di Koja, Ini Kata Bina Marga

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara Ujang Royani mengatakan, jembatan itu dibangun atas arahan Gubernur Anies Baswedan

Penulis: Joko Supriyanto | Editor:
Warta Kota/Joko Supriyanto
Jembatan Kerang Hijau yang berada Jalan Bendungan Melayu, Koja, Jakarta Utara, membentang di atas Kali Penghubung Bendungan Melayu dan menghubungkan antara RW 05 Kelurahan Tugu Selatan dan RW 01 Kelurahan Rawa Badak Selatan. 

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Ujang Royani, mengatakan jembatan itu dibangun sebagai tindak lanjut arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Atas hal itu, pihaknya pun melakukan perbaikan kepada jembatan yang berada di Gg H Ramdani untuk diperbaiki.

"Jadi kita ikuti instruksi Rapimgub realisasikan jembatan antarkampung. Dan kebetulan ada usulan dari Kecamatan Koja," kata Ujang, Sabtu (23/11/2019).

BREAKING NEWS: Jakarta Utara Kini Punya Jembatan Istagramable, Desainnya Terinspirasi Kerang Hijau

Pembangunan jembatan dimulai awal bulan Agustus 2019 hingga rampung pada awal Oktober 2019. Untuk biaya pembangunan jembatan itu, Ujang menyebut kurang dari Rp 200 juta.

"Kebetulan dari beberapa yang diusulkan di Koja sudah dibangun duluan, makanya ditaruh di situ (hubungkan wilayah RW 05 Tugu Selatan dengan RW 01 Rawa Badak Selatan)," katanya.

Sementara itu saat disinggung mengenai bentuk yang menyerupai kerang tersebut, Ujang beralasan untuk menunjukkan ciri khas Jakarta Utara sebagai wilayah pesisir.

Jembatan Berkonsep Kerang Hijau jadi Spot Foto Warga Koja

"Kita visualisasikan kewilayahan karena utara, jadi identik dengan laut. Ada ide jembatan model kerang, kalau wilayah lain kan beda lagi," ucapnya.

Jembatan Rusak

Ketua RT 011/05, Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Asmarudin mengatakan awal mula pembangunan jembatan ini, ketika ada jembatan di wilayahnya mengalami kerusakan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved