Breaking News:

Jalan Berbayar

2020 Jalan Kalimalang Diterapkan ERP, Wali Kota Bekasi: Masih Crowded Ada Proyek Tol

Rencana BPTJ menerapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) pada tahun 2020 di Jalan Kalimalang dinilai belum waktunya.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor:
Warta Kota/Muhammad Azzam
Jalan Raya Kalimalang atau KH Noer Ali Kota Bekasi yang direncanakan bakal diterapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di Jalan Kalimalang Kota Bekasi oleh BPTJ. 

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menerapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) pada tahun 2020. Tahap awal, jalan berbayar akan diterapkan di Jalan Margonda (Depok), Jalan Daan Mogot (Tangerang), dan Jalan Kalimalang (Bekasi).

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengungkapkan penerapan ERP di Jalan Kalimalang tahun 2020 belum tepat waktunya.

Hal itu karena lokasi Jalan Kalimalang Kota Bekasi masih ada proyek pembangunan jalan Tol Becakayu.

"Jangan dululah (ERP), Jalan Kalimalangnya aja masih crowded, kecuali kita sudah berikan fasilitas memadai," ujar Rahmat, kepada wartawan usai meresmikan e-paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Bekasi, Senin (18/11/2019).

Dia pun menyinggung pembangunan proyek nasional tol Becakayu yang mengakibatkan penyempitan Jalan KH.Noer Ali.

"Sekarang, kalau kita mau tata Kalimalang kan masih ada proyek Becakayu, apalagi sampai ke perempatan Jalan A. Yani, Noer Ali dan Hasibuan. Saya rasa belum tepat waktunya, nunggu fasilitas dan pelayanan baik dulu," ungkap Rahmat.

Sebalumnya, atas rencana penerapan itu Dinas Perhubungan Kota Bekasi menyebut penerapan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) pada tahun 2020 oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terlalu mendadak.

Hal itu dikarenakan tahun 2020 tinggal hitungan bulan.

"Kami nilai harus ada waktu panjang untuk dilakukan sosialisasinya ya. Apalagi tahun 2020 tinggal dua bulan lagi. Walaupun itu kebijakan nasional tapi tetapi warga Kota Bekasi yang bakal terkenda dampaknya," ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Deded Kusmayadi kepada Wartakotalive.com, Jumat (15/11/2019).

Deded menuturkan pembicaraan soal penerapan ERP di Jalan Kalimalang Kota Bekasi yang berbatasan dengan DKI Jakarta telah diketahuinya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved