Puluhan Pengemis dan Manusia Silver Diangkut Satpol PP dari Jalanan

Sejak 1-15 November 2019, Dinas Sosial Tangerang Selatan menerima puluhan pengemis dan manusia silver yang terjaring oleh Satuan Polisi Pamong Praja.

Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Puluhan pengemis dan manusia silver yang diangkut petugas Satpol PP Tangerang Selatan dari jalanan di sejumlah wilayah. 

Sejak 1-15 November 2019, Dinas Sosial Tangerang Selatan menerima puluhan pengemis dan manusia silver yang terjaring oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kasie Rehabilitasi Tunas Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial Tangerang Selatan, Hadian, mengatakan, dalam razia itu tidak hanya pengemis yang diamankan termasuk juga manusia silver yang kerap meminta sumbangan di jalan raya.

"Selama dua minggu kita terima 17 orang pengemis dan manusia silver 9 orang," kata Hadian dikonfirmasi, Sabtu (16/11/2019).

Ketika diterima Dinas Sosial, para pengemis dan manusia silver itu segera didata kemudian diberikan pengarahan dan juga diminta untuk tidak mengulanginya lagi.

Sering Minta Sumbangan, Satpol PP Jaring Manusia Silver di Tangsel

"Pada prinsipnya mereka mengemis menjadikan sebuah profesi untuk mengais rezeki," ujar Hadian.

Kini puluhan pengemis dan manusia silver itu diamankan di Dinas Sosial sebelum dilepaskan ke keluarganya masing-masing.

Dijelaskan Hadian, para pengemis dan manusia silver itu diamankan dari beberapa titik yang sudah menjadi langganannya untuk meminta-minta.

Tempat para pengemis dan manusia silver, kata Hadian, sering dijumpai di Bundaran Alam Sutera, Sekitar BSD Plaza, Pasar Ciputat, dan Bintaro Sektor IX.

Manusia Silver Menjamur di Tangsel, Pemkot Mulai Lakukan Penyisiran

Manusia silver yang dijaring pun didapatkan ketika meminta sumbangan di Bundaran Maruga satu pekan lalu.

Pria dan perempuan yang sudah mewarnai tubuhnya itu segera panik ketika sejumlah anggota Satpol PP Tangerang Selatan mengangkutnya ke dalam truk.

Manusia silver ini membawa kotak kardus yang bertuliskan sebuah yayasan sambil meminta sumbangan kepada pengendara yang sedang tertahan lampu merah.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved