Breaking News

WOW, 4.863 Anak Buah Anies Baswedan Bakal Kehilangan Jabatan dan TKD Puluhan Juta Mulai Juni 2020

4.863 pejabat eselon III dan IV Pemprov DKI Jakarta mulai Juni 2020 bakal kehilangan jabatan dan tunjangan kinerja puluhan juta rupiah/bulan.

WOW, 4.863 Anak Buah Anies Baswedan Bakal Kehilangan Jabatan dan TKD Puluhan Juta Mulai Juni 2020
Wartakotalive.com/Suprapto
Besaran Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Pemprov DKI dari eselon I sampai eselon III mencapai puluhan juta sampai ratusan juta rupiah. Sumber Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 409 Tahun 2016 Tentang Tunjangan Kinerja Daerah. 

4.863 pejabat eselon III dan IV Pemprov DKI Jakarta mulai Juni 2020 bakal kehilangan jabatan dan tunjangan kinerja puluhan juta rupiah/bulan.

Paling lambat Juni 2020, pejabat eselon III dan IV Pemprov DKI Jakarta yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal dihapus.

Jumlah pejabat eselon III dan IV Pemprov DKI Jakarta tercatat sebanyak 4.863 orang.

Dengan demikian, setidaknya 4.863 orang tersebut bakal kehilangan jabatannya paling lamban bulan Juni 2020.

Hilangnya jabatan struktural eselon II dan IV sesuai amanat Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi saat dilantik menjadi Presiden pada 20 Oktober 2019. 

Dengan alasan untuk efesiensi dan efektivitas kerja, pemerintah memangkas birokrasi pemerintahan dengan menghapus sejumlah jabatan eselon II dan III.

Lokasi SIM Keliling di Jakarta dan Lokasi Gerai Samsat di Jadetabek Kamis 14 November 2019

Dua Pejabat Eselon II Mundur Bisa Menjadi Momentum Anies Baswedan Lebih Selektif Rekrut Anak Buah

Amanat Presiden Jokowi kemudian dilanjutkan dengan keluarkan Surat Edaran Menpan RB Tjahjo Kumolo No 384 tahun 2019 tentang Langkah Strategis dan Konkret Penyederhanaan Birokrasi. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dalam surat itu memberi batas waktu sampai Desember 2019 para kepala lembaga pemerintahan melakukan inventarisasi jabatan eselon. 

Kemudian pada poin nomor 7 SE Menpan RB itu disebutkan, proses transformasi jabatan struktural eselon III, eselon IV, dan eselon V ke jabatan fungsionak dilaksanakan berdasarkan hasil pemetaan, paling lamban minggu IV Juni 2020.

Artinya, paling lamban minggu IV Juni 2020, maka jabatan eselon III dan IV tersebut harus sudah dihapus (kecuali untuk jabatan-jabatan tertentu) dan berubah menjadi jabatan fungsional.

Halaman
1234
Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved