Gedung Sekolah Ambruk

Gedung SDN Malangnengah II yang Ambruk Diduga Akibat Faktor Alam

Gedung SDN Malangnengah II yang Ambruk Diduga Akibat Faktor Alam, dinas pendidikan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Gedung SDN Malangnengah II yang Ambruk Diduga Akibat Faktor Alam
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Kondisi SDN Malangnengah II, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Selasa (12/11/2019) 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Syaifullah, menyebut ambruknya gedung SDN Malangnengah II, Pagedangan, diduga disebabkan oleh faktor alam.

Menurut Syaifullah, struktur tanah berubah setelah adanya hujan deras pada akhir Oktober lalu sehingga gedung menjadi rapuh dan ambruk pada Senin (11/11/2019) kemarin.

"Kemudian terjadilah perubahan struktur tanah dari panas terkena air sehingga ada pergerakan sedikit sekian senti-lah," kata Syaifullah, Selasa (12/11/2019).

Gedung SDN Malangnengah II Tangerang Ambruk Tiba-Tiba

Atas dasar itu, kata Syaifullah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Bangunan dan Penataan Ruang Kabupaten Tangerang untuk proses pembangunan kembali gedung yang ambruk.

"Karena ini merupakan bencana, akan jadi perhatian kita dari dana penanggulangan bencana dan kami sudah kordinasikan dengan dinas teknis merealisasikan dan menindaklanjuti kondisi ini dan Insyallah segera disikapi," ujarnya.

Keluarkan Surat Edaran

Agar kejadian serupa tidak terulang, Syaifullah sudah membuat edaran kepada sekolah yang tengah melakukan pembangunan atau renovasi di tengah cuaca ekstrem saat ini.

"Jadi surat kami sudah diedarkan ke semua sekolah yang khususnya untuk sekolah yang sedang melakukan pembangunan untuk mengantisipasi proses-proses cuaca yang begitu ekstrem," katanya.

Sebelum Ambruk Tiba-tiba, Gedung SDN Malangnengah II Sudah Dikosongkan oleh Kepsek

Satu unit gedung sekolah itu ambruk setelah terjadi hujan besar pada Senin kemarin sekira pukul 18.00 WIB.

Peristiwa itu pun membuat terkejut banyak pihak lantaran ambruknya gedung yang baru direnovasi pada 2012 lalu dinilai terjadi mendadak lantaran bentuk gedung yang tampak kokoh.

Halaman
123
Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved