Ajang Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019 Segera Digelar

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarian kain tenun dan Songket sebagai kekayaan warisan budaya Indonesia

warta kota/nur ichsan
Jumpers Mahakarya Cita Indonesia Ajang Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019 

WARTA KOTA, KEBAYORAN LAMA  -------  Yayasan CBKN dan KTTI  akan menggelar ajang Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019 (PPTSI 2019).

Jumpers Mahakarya Cita Indonesia Ajang Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019
Jumpers Mahakarya Cita Indonesia Ajang Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019 (warta kota/nur ichsan)

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarian kain tenun  dan Songket sebagai kekayaan warisan budaya Indonesia harus terus digali, dilestarikan  sekaligus dikembangkan, dengan mengajak  peran  serta generasi  milinial berpartisipasi di dalamnya.

Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara (CBKN), dan Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia (KTTI)  paham betul tentang perlunya dilakukan beragam upaya untuk pelestarian dan penyelamatan budaya warisan leluhur bangsa Indonesia ini.

“Dengan penyelenggaraan acara ini diharapkan generasi muda untuk mencintai budayanya serta dalam rangka penyelamatan dan melindungi asset peninggalan leluhur, dalam hal ini tenun dan songket”, kata Anna Mariana, selaku Ketua Umum dan Penanggungjawab acara PPTSI 2019.

Anna Mariana
Anna Mariana (warta kota/nur ichsan)

Kegiatan ini juga didukung oleh Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH)  dan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) sebagai partner kerja

Sementara Grand Final PPTSI akan diselenggarakan pada bulan Desember di Bali, dan menurut rencana akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana yang akan menyerahkan piala bergilir untuk pemenang pertama, sekaligus  akan meresmikan  Penetapan Keputusan Presiden  tentang  tanggal 7 September  sebagai “Hari Tenun dan Songket Nasional“

Hal ini terungkap dalam acara bertajuk Mahakarya Cita Indonesia 2019, yang menghadirkan narasumber : Anna Mariana (Ketua Umum & Penanggung jawab Acara PPTSI 2019 dalam rangka Peresmian “Hari Tenun dan Songket Nasional“), Kris Budiharjo Ketua Umum (RKIH), Rd. H. Rasich Hanif R (Sekjen FSKN), Teuku Rafli (Wasekjen FSKN), TA Panji Indra (Ketua Panitia Pelaksana PPTSI 2019), Linda Kartika Dewi (Ketua Bidang Sponsorship PPTSI 2019), Beki Mardani (Ketua LKB, Ketua Juri PPTSI 2019), Imron Hasbullah (Sekjen LKB dan Wakil Juri PPTSI 2019) dan  Tengku Rio(Ketua KTTI & Wakil Ketua Acara PPTSI 2019).

Anna Mariana dan TA Panji Indra Saat Jumpers Mahakarya Cita Indonesia Ajang Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019
Anna Mariana dan TA Panji Indra Saat Jumpers Mahakarya Cita Indonesia Ajang Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019 (warta kota/nur ichsan)

Total  jumlah pemenang PPTSI  2019 ada  enam peserta berpasangan yang kemudian akan menjadi Duta dari Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara dan Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia (KTTI).

Ajang PPTSI 2019  menargetkan peserta  berpasangan  (pria dan wanita)  berusia 18-25 tahun dari  34 propinsi di Indonesia, berpenampilan menarik dan berkepribadian baik,

Pasangan peserta  akan dinilai  7 dewan juri (terdiri dari para pakar kepribadian, marketing, budayawan, pakar kain, tokoh media, tokoh fashion, tokoh dari dunia hiburan)  tentang pengetahuan mereka mengenai pariwisata, budaya juga  sejarah kekayaan  songket dan tenun dari daerah masing-masing peserta.

Anna Mariana
Anna Mariana (warta kota/nur ichsan)
Halaman
12
Penulis: Nur Ichsan
Editor: M Nur Ichsan Arief
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved