Kabinet Jokowi

KPAI Akan Beri Masukan Menteri Nadiem Makarim Soal Data Kekerasan di Dunia Pendidikan

Komisioner KPAI bidang pendidikan Retno Listyarti mengatakan, KPAI akan menyelenggarakan diskusi publik dan merilis data-data kekerasan di sekolah.

KPAI Akan Beri Masukan Menteri Nadiem Makarim Soal Data Kekerasan di Dunia Pendidikan
TRIBUNNEWS/FAHDI FAHLEVI
Mendikbud Nadiem Makarim memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda untuk pertama kali di lingkungan kementeriannya, Senin (28/10/2019). 

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan Retno Listyarti mengatakan, KPAI akan menyelenggarakan diskusi publik dan sekaligus merilis data-data kekerasan di lembaga pendidikan di Indonesia sepanjang 2019.

Hal itu untuk memberi masukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru Nadiem Makarim.

Diskusi dan rilis data kekerasan, kata Retno, akan digelar di Lantai 3 Kantor KPAI di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019) pukul 13.30.

"Dengan harapan kekerasan di dunia pendidikan yang terus terjadi ini dapat menjadi salah satu PR dan menjadi prioritas untuk ditangani dan dicegah Mendikbud baru di kemudian hari," kata Retno, Selasa (29/10/2019).

Sebab, kata Retno, berbagai peristiwa kekerasan di dunia pendidikan yang melibatkan guru, siswa dan orangtua, masih terus terjadi sepanjang tahun 2019.

 Pagar Mewah Rp 80 Juta Roboh Karena Perbaikan Selokan Air, Pemilik Tuntut Ganti Rugi

 HEBOH Jenazah Wanita Hidup Lagi Seusai Disentuh Suaminya, Sudah 3 Hari Meninggal & Nyaris Dikremasi

 Siap Jadi Kapolri, Sepak Terjang Komjen Idham Aziz dari Berantas Teroris Hingga Buru Putra Cendana

 Inilah 13 Tokoh Sejarah yang Berperan Dalam Pembuatan Teks Sumpah Pemuda

"Bahkan kekerasan tersebut mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Seperti yang terjadi di Palembang, Sumatera Selatan dan Manado, Sulawesi Utara," kata Retno.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti.
Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan, Retno Listyarti. (Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau)

Ia memaparkam di SMAS TI Palembang 2 siswa meninggal dunia saat longmarch usai kegiatan MPLS.

"Di SMPS kota Manado seorang siswa meninggal usai dihukum fisik karena terlambat. Masih di kota Manado, seorang guru SMKS tewas ditusuk siswanya sendiri karena menegur siswanya yang merokok," kata Retno.

Dari catatan KPAI, kata Retno, kekerasan seksual sepanjang 2019 juga terjadi di lingkungan sekolah.

 Keberadaan PKL Ternyata Malah Merusak Tampilan Jalur Sepeda di Kembangan

Dimana pelakunya adalah guru dan kepala sekolah dengan korbannya yang kebanyakan adalah anak di jenjang usia Sekolah Dasar (SD).

Dalam diskusi dan rilis data untuk memberi masukan ke Mendikbud baru itu kata Retno selain dirinya sebagai pembicara juga sebagai narasumber direncanakan hadir Ketua KPAI Susanto dan Satriwan selaku Wakil Sekjen FSGI. (bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved