Pelantikan Presiden Terpilih

UI Persilakan Polisi Usut Orang-orang Berjakun yang Menolak Presiden

UI menyatakan tak punya kaitan dengan Bintang Pamungkas dan Ikatan Keluarga Besar UI yang menolak Joko Widodo sebagai Presiden terpilih

UI Persilakan Polisi Usut Orang-orang Berjakun yang Menolak Presiden
Ist
Bintang Pamungkas dan sejumlah orang berjaket kuning melakukan aksi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019). Mereka menyatakan tidak mengakui Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. 

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menyatakan tak punya kaitan dengan kelompok yang mengatasnamakan Ikatan Keluarga Besar UI dan menentang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, 20 Oktober 2019.

Bahkan UI akan memproses secara hukum atau mempidanakan kelompok yang telah mencatut nama dan memakai logo UI tanpa izin.

"Sehubungan dengan adanya pernyataan dari kelompok yang mengatasnamakan Ikatan Keluarga Besar UI pada 15 Oktober 2019, kami dari UI menyatakan bahwa kelompok itu sama sekali tidak mewakili UI," kata Humas UI, Milda yang dihubungi wartawan, Rabu (16/10/2019).

250 Petugas Gabungan Diterjunkan di Tangsel Saat Pelantikan Presiden Terpilih

"Karena itu, kelompok tersebut tidak berhak menggunakan nama, logo, dan merek UI sesuai dengan Peraturan Rektor UI nomor 058 tahun 2017 tentang penggunaan nama, logo dan merek UI," ujarnya.

Kelompok yang menggunakan nama dan logo UI secara sembarangan, bisa diproses hukum. "Karena itu, hal tersebut sudah bisa dikategorikan sebagai bentuk pelanggaran hukum dan akan ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," imbuh Milda.

Milda menjelaskan, sesuai edaran Humas UI Nomor peng-500/UN2.R2.4/HMI.04 Informatika/2019 tertanggal 16 Oktober 2019 yang telah disebarkan kepada publik, pihak UI juga menilai bahwa apa yang disampaikan kelompok itu tidak menghargai proses demokrasi mengingat pemilihan presiden sudah selesai.

Polda Metro Mengamankan Kawasan Bisnis dan Perkantoran pada Saat Pelantikan Jokowi dan Maruf

"Kami juga mempersilakan penegak hukum mengambil tindakan hukum sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Sebelumnya, belasan orang mengenakan jaket kuning (jakun) dan mengatasnamakan Ikatan Keluarga Besar UI yang diketuai Sri Bintang Pamungkas menyatakan akan menentang dan menolak pelantikan presiden dan wakil presiden.

Anak Terduga Teroris yang Menusuk Wiranto di Padeglang Dirawat di Rumah Aman Kemensos

Kelompok itu juga menyatakan tidak akan mengakui kepemimpinan Presiden Joko Widodo beserta jajarannya. Dari foto yang beredar, kelompok tersebut melakukan aksi di Tugu . ()

Editor: Ign Prayoga
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved