Smart SIM

Selain Bayar Tol, Smart SIM Terbitan Satpas Cilenggang Serpong Nantinya Bisa buat Bayar KRL-MRT Juga

Kelebihan Smart SIM lainnya nanti juga dapat digunakan untuk pembayaran Kereta Rel Listrik (KRL) dan Mass Rapid Transit (MRT). Namun masih dalam prose

Selain Bayar Tol, Smart SIM Terbitan Satpas Cilenggang Serpong Nantinya Bisa buat Bayar KRL-MRT Juga
WhatsApp
SMART SIM (Surat Izin Mengemudi) atau SIM Pintar 

Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diterbitkan Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, kini bukan sekadar SIM biasa.

SIM yang dikeluarkan berupa Smart SIM atau SIM pintar. SIM ini memiliki berbagai fungsi, salah satunya dapat digunakan untuk transaksi tol.

“Saldo untuk tol sendiri, nanti bisa diisi di minimarket. Maksimal saldo sebesar Rp 2 juta,” kata Kepala Unit Regident Satuan Lalu Lintas Polres Tangsel, Iptu Pol Yosi Zulfa Putri, seperti dilansir Kompas.com, Rabu (9/10/2019).

Smart SIM ini mengubah SIM lama dengan adanya penambahan chip card yang tertanam. Selain itu juga ada hologram yang tidak bisa dipalsukan.

Selain dapat digunakan sebagai e-toll, Smart SIM juga dapat merekam jejak pelanggaran pemegang SIM secara elektronik dan digital.

Sebab pada Smart SIM terdapat chip card yang berisi tentang data forensik dari peserta atau pemilik Smart SIM.

“Peserta uji pernah melakukan pelanggaran lalu lintas dan nanti bisa terdata,” ujar Iptu Yosi Zulfa Putri.

Kelebihan Smart SIM lainnya nanti juga dapat digunakan untuk pembayaran Kereta Rel Listrik (KRL) dan Mass Rapid Transit (MRT). Namun hal itu masih dalam proses.

Jangan warna biru

Dikatakan Iptu Yosi Zulfa Putri, bagi peserta uji SIM yang ingin membuat Smart SIM, khususnya perempuan berjilbab harus memperhatikan syaratnya.

Peserta diminta tidak menggunakan hijab atau kemeja berwarna biru karena memiliki kesamaan dengan latar belakang saat proses foto.

“Karena itu kami himbau kepada peserta uji SIM khususunya wanita berhijab tak menggunakan warna biru. Karena background foto kami sudah biru. Tapi kalau ada yang pakai kita siapkan penggantinya,” tutur Yosi.

Penulis: Dedy
Editor: Dedy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved