Artis

Dokter Rumah Sakit Menjelaskan Kronologi Meninggalnya Janin Bayi Kembar Dalam Kandungan Irish Bella

Janin bayi kembar itu meninggal di usia 25 minggu saat masih berada dalam kandungan Irish Bella.

Dokter Rumah Sakit Menjelaskan Kronologi Meninggalnya Janin Bayi Kembar Dalam Kandungan Irish Bella
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Ammar Zoni dan Irish Bella saat acara syukuran kehamilan janin kembar Irish Bella, di Cinere, Depok, Minggu (21/7/2019). 

Pasangan selebritas Irish Bella (23) dan Ammar Zoni (26) baru saja kehilangan bayi kembar mereka.

Janin bayi kembar itu meninggal di usia 25 minggu saat masih berada dalam kandungan Irish Bella.

Untuk mengeluarkan janin bayi kembar yang telah meninggal itu, Irish Bella menjalani operasi caesar di Rumah Sakit Harapan Kita, Jalan S Parman, Palmerah, Jakarta Barat.

Kondisi Irish Bella yang sedang diinfus
Kondisi Irish Bella yang sedang diinfus (Instagram @Irishbella)

Gatot Abdurrazak, dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang menangani Irish Bella mengatakan, janin kembar pesinetron cantik itu diduga meninggal pada Jumat (4/10/2019) pukul 08.00 WIB.

"Jantung janin bayi yang resipien (penerima darah) sudah bengkak. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhan janinnya kecil. Maka harus menjalani tindakan caesar," kata Gatot Abdurrazak di Rumah Sakit Harapan Kita, Senin (7/10/2019).

Berduka Cita, Ammar Zoni dan Irish Bella Punya 6 Kenangan Manis dengan Putri Kembar Mereka

Sebelum Janin Kembar Meninggal Dunia, Irish Bella Alami Pendarahan Hingga Dirawat Berhari-hari di RS

Semula, Irish Bella datang ke rumah sakit pada Jumat pagi. Saat itu kondisi kehamilan Irish Bella sudah stage 4 (bahaya).

"Minggu pagi saya datang visit, detak jantung masih ada, tapi tekanan darah ibunya naik, mirror syndrom juga naik," jelas Gatot Abdurrazak.

Irish Bella kemudian dipindahkan ke ruang HCU pukul 09.00 WIB. Saat itu janin bayi kembar Irish Bella diketahui sudah memiliki detak jantung.

Penyebab Meninggal Janin Bayi Kembar Irish Bella

Janin bayi kembar tersebut sudah meninggal dalam kandungan Irish Bella sehingga harus dilakukan tindakan caesar untuk mengeluarkan janin.

"Meninggalnya akibat sebagian plasenta yang lepas atau Solusio Plasenta. Itu disebabkan preklamsi yang disebabkan mirror syndrome," ujar Gatot Abdurrazak.

"Tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas hingga aliran darah tidak lancar ke bayi," lanjutnya.

Pasangan selebritas Ammar Zoni dan Irish Bella disela pengajian menjelang pernikahannya di rumah orangtua Irish Bella di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (25/4/2019). Mereka akan menikah di Bandung, Minggu (28/4/2019).
Pasangan selebritas Ammar Zoni dan Irish Bella disela pengajian menjelang pernikahannya di rumah orangtua Irish Bella di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (25/4/2019). Mereka akan menikah di Bandung, Minggu (28/4/2019). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Ia mengatakan, solusio plasenta berlangsung  cepat. Sementara janin bayi kembar Irish Bella hanya memiliki satu plasenta dan dua tali pusar.

"Bayi kembar ini adalah donor resipien twin to twin transfusion syndrome (TTTS)," ujarnya.

Penulis: Arie Puji Waluyo
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved