Konser Musik

Balkonjazz Festival 2019 Menghadirkan Kearifan Lokal di Balkondes yang Ada di Kawasan Borobudur

Para musisi dan penyanyi ternama itu meramaikan Balkonjazz Festival 2019 yang dipusatkan di Desa Tuksongo yang berada dibawah kaki Perbukitan Menoreh.

Balkonjazz Festival 2019 Menghadirkan Kearifan Lokal di Balkondes yang Ada di Kawasan Borobudur
Dokumentasi Sinergi Nusantara
Direktur Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo dan Jatmika Budi Santoso, Direktur PT Manajemen CBT Nusantara sebagai pengelola Balkondes, serta Ari Wulu sebagai Creative Director Balkonjazz Festival, dalam jumpa pers menjelang Balkonjazz Festival 2019 di Balkondes Ngaran, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/9/2019). 

Penyanyi Yura Yunita dan Rio Febrian siap beraksi menghangatkan dinginnya malam di Desa Tuksongo, Kecamatan Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (14/9/2019).

Mereka bernyanyi bergantian bersama Band Payung Teduh, Dialog Dini Hari, hingga Langit Sore, Tashoora, Nostress dan Frau ditengah Pasar Balkon.

Di pasar tersebut, juga dijual produk pertanian masyarakat, makanan lokal, kerajinan tangan dan banyak lagi, ada di Pasar Balkon.

Direktur Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo dan Jatmika Budi Santoso, Direktur PT Manajemen CBT Nusantara sebagai pengelola Balkondes, dalam jumpa pers menjelang Balkonjazz Festival 2019 di Balkondes Ngaran, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/9/2019).
Direktur Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo dan Jatmika Budi Santoso, Direktur PT Manajemen CBT Nusantara sebagai pengelola Balkondes, dalam jumpa pers menjelang Balkonjazz Festival 2019 di Balkondes Ngaran, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/9/2019). (Dokumentasi Sinergi Nusantara)

Para musisi dan penyanyi ternama itu meramaikan Balkonjazz Festival 2019 yang dipusatkan di Desa Tuksongo yang berada dibawah kaki Perbukitan Menoreh.

Ari Wulu, Creative Director Balkonjazz Festival 2019, mengatakan, Balkonjazz Festival merespon hal yang selama ini dipegang erat Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dan kerap dilakukan masyarakat dalam hidup kesehariannya dalam bentuk artistik.

Selama ini Balkondes berdiri dengan maksud untuk lebih menyejahterakan warga di sekitar Kecamatan Borobudur dengan cara mengembangkan potensi yang sudah ada.

Digelar di Kaki Perbukitan Menoreh, Balkonjazz Festival Berbeda dengan Festival Musik Lain

Sold Out, Seluruh Tiket VIP Package Balkonjazz Festival 2019 di Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur

"Balkondes lantas tidak hanya memberi modal dalam bentuk materi, namun memberikan pengetahuan ke masyarakatnya untuk mengembangkan kemampuan dan sesuatu yang sudah ada," kata Ari Wulu di Balkondes Ngaran, Borobudur, Magelang, Jumat (13/9/2019).

Konsep artistik yang dihadirkan di Balkonjazz Festival, sebut Ari Wulu, sangat upcycle.

"Kami merespon apa yang sudah ada dan diwujudkan dalam bentuk yang memiliki nilai tambah," kata seniman asli Yogyakarta itu.

Direktur Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo dan Jatmika Budi Santoso, Direktur PT Manajemen CBT Nusantara sebagai pengelola Balkondes, bersama para penyanyi dalam jumpa pers menjelang Balkonjazz Festival 2019 di Balkondes Ngaran, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/9/2019).
Direktur Balkonjazz Festival Bakkar Wibowo dan Jatmika Budi Santoso, Direktur PT Manajemen CBT Nusantara sebagai pengelola Balkondes, bersama para penyanyi dalam jumpa pers menjelang Balkonjazz Festival 2019 di Balkondes Ngaran, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/9/2019). (Dokumentasi Sinergi Nusantara)

Misal saja, Ari Wulu mencontohkan, kotak-kotak kayu yang disusun menjadi gerbang. Atau aktivitas warga saat menjemur pakaian menggunakan tali dan tiang.

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved