Komisi Pemberantasan Korupsi

Diungkap Dugaan Pelanggaran Firli Meski Kasus yang Diduga Menjerat TGB Tidak Jelas Kelanjutannya

Firli kembali didapati berbincang akrab dengan TGB pada acara farewell dan welcome game Tennis Danrem 162/WB di Lapangan Tenis Wira Bakti.

Diungkap Dugaan Pelanggaran Firli Meski Kasus yang Diduga Menjerat TGB Tidak Jelas Kelanjutannya
Kompas.com
Firli sempat menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat. Firli tercatat menjadi Kapolda NTB pada 3 Februari 2017-8 April 2018. 

PIHAK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap dugaan terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh Calon Pimpinan (Capim) KPK yang diduga bermasalah.

Kasus ini diduga terkait upaya KPK mengusut dugaan korupsi yang melibatkan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi.

Dugaan korupsi itu terkait dengan PT Newmont yang antara lain beroperasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) di saat TGB masih menjadi Gubernur NTB.

Sementara itu, diungkap Kompas.com, Kamis (12/9/2019), pihak Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan, mantan Deputi Penindakan KPK, Irjen Firli Bahuri telah melanggar etik karena pertemuannya dengan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, M Zainul Majdi (MZM) pada 12-13 Mei 2018.

Penasihat KPK, Muhammad Tsani Annafari mengatakan, Firli mestinya tidak bertemu Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) karena KPK menyelidiki dugaan korupsi kepemilikan saham PT Newmont yang melibatkan Pemerintah Provinsi NTB.

Kasus itu diduga menguap tidak lama setelah pertemuan itu terjadi.

"Dalam acara Harlah GP Ansor ke-84 dan launching penanaman jagung 100.000 hektar di Bonder Lombok Tengah, dalam pertemuan ini terlihat saudara F berbicara dengan saudara MZM," kata Tsani, dalam jumpa pers, Rabu (11/9/2019).

Tsani mengatakan, TGB dan Firli tampak berbincang akrab pada acara itu.

Firli, kata Tsani, terbang ke NTB dengan uang pribadi tanpa izin surat tugas yang diteken KPK.

Dalam acara yang berlangsung pada 12 Mei 2018 itu, panitia menyebut, Firli sebagai Deputi Penindakan KPK saat Firli diminta memberi pidato penutupan acara.

Halaman
12
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved