Berita Video

VIDEO : Telusuri Sungai Kapuas, Hal Ini yang Dipuji Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyusuri sungai kapuas disela kunjungan kerjanya di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyusuri Sungai Kapuas disela kunjungan kerjanya di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019).

Satu di antara agenda yang dilakukan adalah, Jokowi menyusuri Sungai Kapuas untuk melihat proyek Kampung Nelayan Beting dan waterfront city.

"Dulu rumah-rumahnya membelakangi sungai. Sekarang sudah menghadap ke sungai. Menurut dia, setelah rumah-rumah warga itu menghadap ke sungai, tampak terlihat lebih rapi dari sebelumnya.

Selain itu, waterfront city juga sejalan dengan semangat penghijauan. Kita lihatlah nanti, dalam setahun dua tahun ini akan langsung terlihat perbedaannya," ujarnya.

Apa Nama Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur? Begini Usulan dari Warga Beserta Artinya

Jokowi menyatakan, waterfront city dan Kampung Nelayan Beting yang ada di Pontianak, merupakan yang paling bagus dan paling panjang di seluruh Indonesia.

Saat ini, selain di Pontianak, pembangunan serupa juga dilakukan di Bengkulu, Tegal, dan Semarang.

"Ada empat kota termasuk Pontianak, dan ini (Pontianak) yang paling bagus, paling panjang," tegasnya.

Jokowi menyusuri Sungai Kapuas dengan menaiki Kapal Angkatan Laut Lemukutan milik TNI Angkatan Laut.

Konsep Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur Seperti Bumi Serpong Damai

Setelah menyusuri sungai selama 40 menit, Jokowi beserta rombongan kemudian turun di Alun-alun Kapuas Pontianak.

Sertifikat TORA Sebelum menyusuri Sungai Kapuas, presiden menyerahkan surat keputusan (SK) redistribusi tanah obyek reforma agraria (TORA) hutan dan sertifikat hak atas lahan.

Selepas peninjauan, Presiden Jokowi akan menuju tempatnya bermalam selama berada di Pontianak untuk beristirahat dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Turut menyertai Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Barat antara lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Kemudian, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Adita Irawati, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Plh Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Basuki Nugroho.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sambil Menyusuri Sungai Kapuas, Jokowi Puji Konsep "Waterfront City" Pontianak"

Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved