Tumpukan Sampah di Kali Jambe, Camat Tambun Selatan Keluhkan Kekurangan Armada Truk

Tumpukan Sampah di Kali Jambe, Camat Tambun Selatan Keluhkan Kekurangan Armada Truk

Tumpukan Sampah di Kali Jambe, Camat Tambun Selatan Keluhkan Kekurangan Armada Truk
Wartakotalive.com/Muhammad Azzam
Camat Tambun Selatan Iman Santoso 

Camat Tambun Selatan, Iman Santoso mengeluhkan minimnya armada truk sampah dan petugas kebersihan untuk melakukan pengangkutan sampah di wilayahnya.

Pernyataan itu diungkapkan menyusul terjadinya tumpukan sampah di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Iman menjelaskan di wilayah Kecamatan Tambun Selatan terdapat Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), dalam UPTD itu terdapat 18 unit armada truk dengan 40 petugas kebersihan.

Jumlah itu untuk menangani Kecamatan Tambun Selatan, Kecamatan Tambun Utara, Sukawangi, maupun Tambelang.

"Jadi bukan untuk menangani wilayah kami saja tapi dengan wilayah kecamatan lain. Coba bayangkan itu ada berapa desa, Tambun Selatan aja ada 16 Desa," ujar Iman kepada awak media, Jumat (6/9/2019).

Oleh karenanya, kata Iman, tak heran jika wilayah Kabupaten Bekasi seringkali terjadi tumpukan sampah.

"Ini saja kan alat-alat dengan petugas dikerahkan di proses pembersihan Kali Jambe, secara otomatis wilayah Kecamatan lain tertunda pengangkutan sampahnya," jelas dia.

Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai melakukan pembersihan tumpukan sampah di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, pada Jumat (6/9/2019).
Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai melakukan pembersihan tumpukan sampah di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, pada Jumat (6/9/2019). (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Untuk itu, Iman meminta agar tiap Kecamatan memilik armada truk dan petugas kebersihan sendiri.

"Seharusnya begitu, tapi untuk jumlah armada dan petugas kebersihan idelanya itu biar Dinas Lingkungan Hidup," ungkap dia.

Untuk solusi penanganan sampah di sejumlah perumahan maupun pemukiman warga, kata Iman, pihaknya berencana menempatkan bak truk untuk tempat pembuangan sampah.

"Kita akan ajukan untuk penempatan kontainer (bak truk) agar warga kumpulkan sampah disitu untuk nanti diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) pakai truk sampah," kata dia.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai melakukan pembersihan tumpukan sampah di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, pada Jumat (6/9/2019).

Pembersihan dilakukan oleh petugas gabungan, dari unsur Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Kecamatan Tambun Selatan, Desa Mangunjaya, Koramil dan warga setempat.

Total ada sebanyak 100 petugas gabungan yang terjun dalam proses pembersihan tumpukan sampah.

Sampah-sampah itu diangkut oleh 5 armada truk sampah dan dua unit gerobak motor untuk diangkut ke TPA Burangkeng.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved